Pendampingan Pekon Wisata, Disporapar Lambar akan Gandeng ASIDEWI

  • Whatsapp
Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, SP, M.Si.

Medialampung.co.id – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar akan melakukan kegiatan pendampingan di empat pekon wisata yang ada di empat kecamatan.

“Dalam pendampingan pekon wisata ini, kita akan menggandeng Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI) Pusat,” kata Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Cekden Hamdan mendampingi Kepala Disporapar Tri Umaryani, S.P, M.Si.

Menurut dia, ada empat pekon wisata yang akan menjadi sasaran kegiatan pendampingan yaitu Pekon Rigisjaya Kecamatan Airhitam (Kampung Kopi, Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian (Temiangan Hill), Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya (Arung Jeram) dan Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung (Danau Ranau).

“Untuk objek wisata Danau Ranau di Pekon Kagungan menjadi kawasan strategis pariwisata nasional,” kata dia.

Lanjut dia, untuk pendampingan ini seluruh elemen berkolaborasi baik itu masyarakat, aparat pekon, pengelola wisata dan pihak terkait lainnya sehingga sama-sama menjadikan pekon yang maju dan cakupannya menjadi pekon wisata mandiri.

“Dalam kegiatan pendampingan, kita juga mengadakan pelatihan seperti tentang tata kelola, manajemen dan lainnya selama tiga hari sedangkan pendampingan akan dilaksanakan selama enam bulan,” kata dia seraya menambahkan, dengan adanya pendampingan ini diharapkan kedepan pekon wisata akan lebih maju lagi dan lebih mandiri. (lus/mlo)


Pos terkait