PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SBMPN TAHUN 2021 POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG GUNAKAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE SENDIRI DAN TERAPKAN POLA SELEKSI PORTOFOLIO

  • Whatsapp
foto dok

Medialampung.co.id – Tahun 2021, Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri atau SBMPN. diikuti pula oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia. Menyusul belum berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia, proses pendaftaran online jalur SBMPN di Indonesia ikut mengalami perubahan. Pada tahun 2020 yang lalu mekanisme pendaftaran online masih dilaksanakan terpusat menggunakan 1 (satu) sistem pendaftaran online yang digunakan secara bersama oleh 42 Politeknik Negeri se-Indonesia, namun pada tahun 2021 ini proses pendaftaran online dan pola seleksinya diserahkan dan dilaksanakan oleh masing-masing Politeknik Negeri. Hal ini didasarkan pada perbedaan sebaran pandemi covid-19 dan dinamika penanganan prokes di daerah masing-masing Politeknik Negeri.

Menurut Pembantu Direktur I bidang akademik Politeknik Negeri Lampung, Bapak Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si., diruang kerjanya menyatakan bahwa pada tahun 2021 ini Politeknik Negeri Lampung melaksanakan proses penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN mengikuti arahan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia, dan Politeknik Negeri Lampung menggunakan sistem atau aplikasi pendaftaran online sendiri hasil pengembangan mandiri yang dilakukan oleh tim software development Jejaring Akademik (JARAKA) POLINELA. Sebagai informasi aplikasi pendaftaran online tersebut sebelumnya telah dikembangkan dan digunakan untuk melayani pendaftaran online jalur seleksi MANDIRI dari tahun 2015 s.d. 2020. Dan pada tahun 2021 ini aplikasi tersebut difungsikan untuk melayani proses pendaftaran online jalur SBMPN yang dibuka dari tanggal 10 Mei s.d. 10 Juni 2021, tentunya dengan sedikit konfigurasi untuk penyesuaian pola dan mekanisme pada jalur SBMPN.

Bacaan Lainnya

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) merupakan pola seleksi yang khusus diperuntukkan bagi calon peserta yang hendak melanjutkan studi pada perguruan tinggi vokasi khusus jenjang diploma tiga (D3) di politeknik negeri di seluruh Indonesia. Pola seleksi ini merupakan suatu sistem yang diselenggarakan secara serentak di seluruh politeknik negeri di Indonesia melalui seleksi prestasi akademik siswa lulusan SMA/SMK/MA/Paket C tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Pola seleksi SBMPN yang diterapkan di Politeknik Negeri Lampung pada tahun 2021 ini adalah seleksi portofolio dengan parameter prestasi akademik nilai raport sebagai seleksi tahap I, kemudian jika peserta dinyatakan lulus seleksi tahap I tersebut, maka peserta berhak dan wajib mengikuti seleksi tahap II yaitu wawancara.

Masih menurut Bapak Dwi Puji Hartono, tahun ini 14 Program Studi jenjang diploma tiga (D3) dibuka dalam proses seleksi SBMPN, ke 14 program studi tersebut antara lain: D3 Perikanan Tangkap, D3 Perjalanan Wisata, D3 Produksi Tanaman Pangan, D3 Hortikultura, D3 Produksi Tanaman Perkebunan, D3 Produksi Sumber Daya Lahan dan Lingkungan, D3 Mekanisasi Pertanian, D3 Teknologi Pangan, D3 Produksi Ternak, D3 Budidaya Perikanan, D3 Agribisnis, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Informatika dan D3 Manajemen Informatika kampus Lampung Tengah. Informasi lengkap untuk profil masing-masing program studi dan mekanisme jalur SBMPN dapat diakses secara online di laman https://pmb.polinela.ac.id dan untuk layanana pendaftaran online dapat diakses di laman http://pmb.polinela.jaraka.id. (*/mlo)


Pos terkait