Penetapan Pemenang Pilkada, KPU Waykanan Masih Tunggu BRPK dari MK

  • Whatsapp
Ketua KPUD Waykanan Refky Dharmawan

Medialampung.co.id – Hingga saat ini KPU Waykanan belum menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi yang akan dijadikan dasar penetapan pemenang pilkada bagi daerah yang tidak ada sengketa.

“Iya, sesuai dengan tahapan, memang hari ini keluar buku registrasi perkara konstitusi biasanya MK akan menyurati KPU RI, kemudian mengeluarkan surat edaran ke KPU Provinsi dan Kabupaten, surat dari KPU RI itulah yang akan menjadi dasar penetapan dan kita hingga sekarang masih menunggu dari KPU RI, kemungkinan dalam 2 hari ini keluar suratnya,” ujar Ketua KPU Waykanan Refky Dharmawan, SH.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, lanjut Refky, KPU akan melaksanakan penetapan calon terpilih, paling lambat 5 hari setelah keluar BRPK.

Diterangkan dalam pelaksanaan Pilkada Way kanan yang lalu diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasang nomor urut 1 Hi. Juprius, SE., MM., yang berpasangan dan DR.Hj.Rina Marlina Bustami, M.Si, dan pasangan nomor urut 2 Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., yang berpasangan dengan Drs.Hi. Ali Rahman, MM., MT., MH., dimana Pasangan nomor urut 2 yang juga petahana berhasil memenangkan pertarungan secara telak dan berhasil meraih suara hingga 75%.

Sebelum Pelaksanaan Pilkada Waykanan sendiri terjadi beberapa dinamika, mulai dari gonta-ganti pasangan, dimana Juprius yang awalnya berpasangan dengan Juanda dan Rina Marlina yang berpasangan dengan Hasbi Aska akhirnya memilih bergabung. 

Juprius dan Rina Marlina memilih bergabung untuk menghadapi petahana yang lebih diunggulkan dari segi kekuatan politik.

Sementara Adipati Surya harus memilih Ali Rahman yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala BKPSDM Waykanan sebagai pasangannya setelah pasangan sebelumnya yakni DR.Drs. Hi. Edward Anthony, MM., meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.(wk1/mlo)

Pos terkait