Pengaktifan Adhoc Tunggu Instruksi Bawaslu RI

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah

Medialampung.co.id –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menunggu dari Bawaslu RI terkait regulasi atau instruksi mengenai pengaktifan kembali jajaran adhoc baik Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di Kabupaten setempat.

Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan meski tahapan Pilkada 2020 telah disetujui akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, tapi hingga kini Bawaslu Pesbar tetap menunggu instruksi dari Bawaslu RI, terlebih PKPU terbaru yang mengatur tentang Pilkada itu belum keluar. Namun, dirinya memastikan pihaknya masih tetap menunggu instruksi pusat, salah satunya berkaitan dengan pengaktifan jajaran adhoc itu.

Bacaan Lainnya



“Meski untuk pengaktifan jajaran panitia adhoc itu masih menunggu instruksi Bawaslu RI, tapi dalam hal pengawasan yang berkaitan dengan Pilkada Pesbar tetap kita maksimalkan,” katanya, Selasa (2/6).

Sementara itu, masih kata dia, terkait dengan pelaksanaan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 itu tentu kemungkinan ada dampaknya. Salah satunya dampak terhadap partisipasi masyarakat yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan sebagainya. Karena itu dalam pelaksanaan Pilkada di tengah wabah Covid-19 diharapkan terlaksanakan dengan baik dan maksimal.

“Pelaksanaan Pilkada itu tetap mengedepankan protokol kesehatan. Begitu juga dengan pengawasan di lapangan yang dilakukan oleh Bawaslu Pesbar akan tetap memperhatikan instruksi pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19,” jelasnya.

Sedangkan, berkaitan dengan anggaran tentu Bawaslu Pesbar akan tetap berkoordinasi kembali dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pesbar untuk membahas kembali anggaran hibah Pilkada itu, terlebih sebelumnya karena Pilkada serentak 2020 yang dijadwalkan September namun ditunda akibat pandemi Covid-19, TAPD Pesbar juga telah minta data penggunaan realisasi anggaran hibah di Bawaslu Pesbar.

“Karena itu setelah ada instruksi dari Bawaslu RI dan regulasi terbaru soal Pilkada 2020, kita juga akan kembali berkoordinasi ke TAPD untuk membahas berkaitan dengan anggaran Bawaslu Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait