Pengecekan Arus Masuk Lambar di Pos Penyekatan Pinusan Kondusif 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berdasarkan catatan dari Satgas Covid-19 Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya, yang menjadi bagian dari tim Pospam Penyekatan Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2021 di Jalan Nasional Pinusan yang berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara.

Hingga hari keempat penerapan Pospam Penyekatan bersama Polri, TNI, Satpol PP, belum ada warga yang masuk dari luar harus terdeteksi mengalami sakit gejala Virus Corona, begitu juga pendatang yang masuk dari luar Provinsi Lampung. 

Bacaan Lainnya


Disampaikan Kepala UPT Puskesmas Subianto, S.Km., hingga saat ini rata-rata yang masuk merupakan pemudik lokal atau dalam Provinsi Lampung. Namun demikian upaya pengecekan seperti kesehatan, screening seperti pengecekan suhu tubuh, pengecekan identitas tetap diberlakukan dengan ketat.

Dalam Pos Penyekatan itu pihak medis juga sudah mempersiapkan segala hal, jika ada yang memang dicurigai mengarah ke virus corona, seperti langsung diberikan rapid atau swab antigen.

“Jika ada yang memang dicurigai, maka kami langsung melakukan kontak dengan puskesmas yang akan dituju warga tersebut, untuk melakukan upaya preventif. Namun alhamdulilah sampai saat ini masih zero,” ungkapnya. 

Sebelumnya ditegaskan Kapospam Penyekatan Pinusan Ipda Mahmudi mendampingi Kapamatwil Kompol Kadengan, mengetahui Kapolres Lambar Rachmad Tri Haryadi, S.Ik., M.H.

Semua kenderaan baik mobil atau motor yang masuk ke Kabupaten Lampung Barat melalui pintu masuk, jalan nasional Kecamatan Sumberjaya. 

Harus melalui pemeriksaan di oleh petugas, sebagai langkah dalam mencegah dan meminimalisir penularan virus corona yang sampai saat ini belum dapat dikendalikan sepenuhnya. 

“Semua yang masuk dilakukan identifikasi atau pemeriksaan, seperti cek KTP, (Identitas) dan lainnya,” ungkapnya. 

Dalam hal itu Ipda Mahmudi menyampaikan, petugas terkait, dalam menjalankan fungsi di pospan penyekatan tentunya dengan mengedepankan dan menghitung nilai kemanusiaan.(r1n/mlo)




Pos terkait