Pengembangan KSB Korolla 1-4, BBP2TP Sumatera Utara Berkunjung ke Lambar 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka pengembangan Kebun Sumber Benih (KSB) Kopi Robusta Liwa Lampung Barat (Korolla) 1-4, Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Medan Provinsi Sumatera Utara didampingi Staf Direktorat Pembenihan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian berkunjung ke Kabupaten Lambar, Selasa (30/6).

Awalnya tim yang berjumlah delapan orang tersebut berkunjung ke kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan yang diterima langsung oleh Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P., M.Si., beserta Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P., dan jajaran.

Bacaan Lainnya



Kemudian tim berkunjung kelapangan, tepatnya di lokasi kebun kopi Nasrun pemilik pohon induk terpilih klon Kopi Robusta unggul lokal Lampung Barat Korolla 1-4 di Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya. 

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar mengungkapkan, sebelumnya korolla 1-4 telah diakui keunggulannya dengan diterbitkan keputusan menteri Pertanian (Kepmentan) tentang pelepasan varietas klon unggul lokal Korolla 1-4 pada Februari 2019. 

“Direncanakan tahun ini akan dilakukan survey kelayakan calon kebun sumber benih dimaksud oleh pihak terkait sertifikat KSB,” ucapnya.

Kedepan, lanjut Sumarlin. Jika sudah ada Kebun Sumber Benih Unggul Lokal, pihaknya  bisa menjadikan klon tersebut sebagai bagian dalam proses penyediaan benih unggul.

“Selain kita bisa menjadikan klon tersebut sebagai bagian dalam proses penyediaan benih unggul, juga diharapkan menjadi sumber pendapatan bagi pemilik KSB,” harapnya. (lus/mlo)



Pos terkait