Penggawa Lima Tingkatkan Infrastruktur-Penanganan Covid-19 dengan Dana Desa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tahun ini, seluruh Pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan sejumlah kegiatan yang bersumber dari anggaran dana desa (DD), baik pembangunan infrastruktur Pemberdayaan masyarakat hingga penangan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Salah satu pekon yang terus bergeliat dengan pembangunan adalah Pekon Penggawa Lima di Kecamatan Waykrui. Melalui anggaran DD pembangunan di berbagai bidang terus dilaksanakan hingga tahun ini.

Bacaan Lainnya


Peratin Penggawa Lima Tomi Yusuf mengatakan pada tahun ini jumlah anggaran DD yang diterima mencapai Rp757.426.000, Alokasi Dana Pekon (ADP) Rp328.070.900, dana bagi hasil pajak dan dan bagi hasil retribusi Rp5.580.400.

“Dari jumlah tersebut kami melaksanakan sejumlah kegiatan baik pembangunan, pembinaan masyarakat hingga penanganan dan pencegah wabah Covid-19,” kata dia.

Dijelaskannya, melalui anggara DD pihaknya melaksanakan pembangunan saluran drainase, hingga pembangunan plafon GSG, hingga sejumlah kegiatan pembangunan lainnya.

“Selain itu, kita juga melaksanakan penanganan dan pencegahan wabah Covid-19, seperti dengan menyalurkan BLT-DD untuk memulihkan perekonomian masyarakat, penyemprotan lingkungan masyarakat dengan cairan desinfektan hingga pembagian masker,” jelasnya.

Menurutnya, melalui anggaran DD pihaknya terus berbenah, terutama dalam pemenuhan sarana infrastruktur pekon, sehingga semua kebutuhan prioritas masyarakat bisa dipenuhi.

“Anggaran DD merupakan salah satu kegiatan yang bisa melaksanakan pembangunan berdasarkan skala prioritas masyarakat, jadi apa yang kita bangun merupakan hasil musyawarah dengan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya berharap, keberadaan dana desa bisa dirasakan oleh manfaat, terutama dalam kegiatan pembangunan dan penanganan wabah Covid-19 di pekon setempat.

“Harapan kita pembangunan melalui dana desa bisa maksimal dan dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat di Pekon Penggawa Lima ini,” pungkasnya. (adv/ygi/mlo)




Pos terkait