Penghujung Tahun, PAD Diskoperindag Baru Terealisasi 29,34 Persen

  • Whatsapp
Kepala Dinas Koperindag Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Dari 15 organisasi perangkat daerah (OPD) pengelola pendapatan asli daerah (PAD) di lingkungan Pemkab Lambar , hanya Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) yang pencapaian PAD-nya masih rendah yaitu per November 2020  baru  terealisasi 29,34 %.

Target PAD di Diskoperindag sebesar Rp888 juta lebih (APBD Perubahan 2020) meliputi retribusi pelayanan persampahan/kebersihan ditarget Rp38 juta lebih baru terealisasi Rp7 juta lebih, retribusi pelayanan pasar Rp299 juta lebih baru terealisasi Rp115 juta lebih, penyewaan tanah dan bangunan Rp300 ribu telah terealisasi 100 %, retribusi pasar grosir/pertokoan Rp500 juta lebih namun baru terealisasi Rp104 juta lebih dan pendapatan dari UPT BLUD perkuatan permodalan Koperasi dan UMKM Rp49 juta lebih baru terealisasi Rp33 juta lebih.

Bacaan Lainnya


Dikonfirmasi Kepala Diskoperindag Lambar Yudha Setiawan mengaku bahwa masih sedikitnya realisasi PAD di Diskoperindag tersebut dikarenakan untuk pelayanan pasar berupa sewa ruko, toko dan los pasar serta pelayanan persampahan/kebersihan  di 10 pasar milik Pemkab Lambar biasanya akan dibayar di bulan Desember atau pada akhir tahun. 

“Untuk soal sewa ini kita sudah mengirimkan surat kepada para pedagang yang menyewa ruko, toko dan los untuk segera membayar sewanya paling lambat tanggal 15 Desember ini. Jadi sebelum tanggal tersebut diharapkan para pedagang untuk melunasi sewanya,” kata Yudha, Minggu (6/12).

Khusus untuk pendapatan dari UPT BLUD perkuatan permodalan koperasi dan UMKM. Kata Yudha, mengingat saat ini adanya wabah Covid-19 maka pihaknya tidak melakukan penagihan.

“Untuk peminjaman modal oleh koperasi dan UMKM kita tidak melakukan penagihan sampai bulan Desember ini, artinya tidak dipaksakan namun jika ada yang membayar masih tetap kita terima. Jadi bukan berarti  kita tidak melakukan penagihan maka hutangnya dihapuskan namun hutang itu tetap ada,” tegasnya

Untuk target PAD tersebut, lanjut Yudha, pihaknya akan berupaya untuk memenuhi target tersebut sebelum akhir tahun, itu mengingat masih ada waktu beberapa hari lagi bagi pihaknya untuk mencapai target tersebut.

“Kita akan berupaya target PAD tersebut akan terealisasi 100 % sebelum akhir tahun,” pungkas Yudha. (lus/mlo)




Pos terkait