Pengunjung Pasar Kamis Sukananti Terima Masker Gratis Dari Tim GLD Lambar 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat bersama Tim GLD Kecamatan Waytenong melakukan aksi bagi-bagi masker di Pasar Kamis Pekon Sukananti Kecamatan Way Tenong 

Ada sejumlah 500  lembar masker yang dibagikan. Dalam aksi bagi-bagi masker kepada masyarakat tersebut  telah dilakukan kelima kalinya oleh Tim GLD Lampung Barat.

Bacaan Lainnya



Tim GLD sebelumnya telah melaksanakan kegiatan serupa diPasar Purajaya Kecamatan Kebuntebu,  Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Pasar Buaybetanding Kecamatan Sukau. Dan Pasar Sekincau Kecamatan Sekincau.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Waytenong yang juga Ketua Tim GLD Kecamatan Wayyenong Wahyudi Heru Iskandar, S.Ip, M.Ip.,  Lurah Pajarbulan Erna Liswati, SE, Peratin Sukananti Alfi Yulizon, Babinsa Riyadi, dan Bhabinkamtibmas Supriyatna, Penggiat Literasi dan Pengelola Perpustakaan Pekon Padangtambak Mahdalena, serta jajaran pengurus Tim GLD Kecamatan Waytenong.

Partinia mengatakan bahwa pembagian masker itu dilakukan untuk mengedukasi  dan meliterasi masyarakat bahwa betapa pentingnya penggunaan masker pada saat sekarang. 

Pihaknya sangat miris banyak ditemukan pengunjung pasar yang tidak memakai masker ketika berbelanja ke pasar. Padahal pemakaian masker tersebut penting untuk menghindari terpaparnya seseorang dari virus Corona yang saat ini sedang mewabah. 

Padahal pemakaian masker merupakan salah satu bentuk pola perilaku hidup bersih dan sehat yang harus dilakukan oleh seseorang baik orang yang sedang batuk maupun sehat.

“Orang yang batuk atau flu hendaknya dia menggunakan masker, sehingga tidak menularkan kepada yang lain. Begitu pula yang sehat, dengan menggunakan masker diharapkan dia tidak tertular dengan orang sedang mengalami batuk atau flu. Sehingga baik yang sehat maupun yang sedang batuk/flu sebaiknya memakai masker,” tegasnya. 

Dan apa yang digalakkan oleh pemerintah berguna bagi. semua, agar tidak terpapar virus Covid-19, sehingga dengan demikian dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Lebih lanjut Partinia menjelaskan kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung program “Masker Untuk Semua” yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah RI pada 5 April 2020 yang lalu. Hal  ini juga merujuk pada anjuran Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organisation (WHO), semua orang wajib memakai masker ketika berada di luar rumah. 

Lalu juga untuk mendukung program “Gerakan Masyarakat Pakai Masker (Gemar PM) yang dicanangkan oleh Bupati  Parosil Mabsus (8/4).

“Semua ini dilakukan dalam rangka percepatan program pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.

Di sisi lain Sekretaris Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Drs. Sandarsyah mengatakan bagi  siswa didik baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA/sederajat yang saat ini kegiatan sekolahnya diliburkan, hendaknya diisi hari liburnya dengan belajar di rumah. Sebaiknya gunakan waktu luang hari libur ini dengan berdiam diri di rumah, kembangkanlah minat baca dan menulis kalian. Lakukanlah kegiatan literasi dengan  sebaik-baiknya di masa libur ini. 

Untuk para orang tua yang saat ini mengalami sistem kerja Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah ini adalah suatu kesempatan baik untuk mengembangkan minat baca putra-putrinya di rumah.

Dengan sistem kerja WFH akan tercipta suasana Work Life Balance yaitu keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari.

“Dengan bekerja dari rumah, para orang tua bisa lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya, sehingga life balance atau keseimbangan hidup terpenuhi. Orang tua dapat mempunyai waktu yang luang untuk mendorong putra-putrinya gemar membaca, Selain itu orang tua mempunyai waktu luang untuk membaca buku-buku yang ada di rumah, sehingga dapat menjadi contoh yang inspiratif bagi anak-anaknya,” tutupnya. (rin/mlo)



Pos terkait