Pengunjung Sisakan Tumpukan Sampah di Pulau Pisang

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id Sejumlah masyarakat dan pengunjung di Pulau Pisang mengeluhkan banyaknya sampah yang ditinggalkan pengunjung yang berlibur di pulau tersebut selama libur tahun baru Rabu (1/1) kemarin.

Novrianto, salah seorang warga mengatakan, kesadaran wisatawan terkait kebersihan di Pulau Pisang itu selama libur tahun baru masih sangat rendah, pasalnya masih banyak ditemukan sampah yang berserakan dan menumpuk begitu saja di sejumlah pantai.

Bacaan Lainnya



“Tempat sampah sudah banyak disiapkan, tapi masih ada pengunjung yang membuang sampah begitu saja, tanpa menghiraukan kebersihan lingkungan,” kata dia.

Menurutnya, meski ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan sejumlah lokasi wisata di Pulau Pisang, seharusnya pengunjung lebih peduli dan dapat menjaga kebersihan pantai.

“Sampah yang dibuang begitu saja oleh pengunjung didominasi oleh bekas tempat makanan dan wadah minuman, bahkan sebagian besar sampah tidak bisa teruraikan karena berbahan pelastik,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pengunjung yang datang ke Pulau Pisang lebih menjaga kebersihan, dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kita berharap pengunjung lebih peduli dengan kebersihan pantai, meski tidak mampu membersihkan sampah yang ada, paling tidak membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala UPTD Pariwisata Pulau Pisang Aries Pratama mengatakan, untuk menjaga kbersihan di sejumlah lokasi wisata di Pulau Pisang, Dispar dan Dinas Lingkungan Hidup telah menyiapkan petugas kebersihan.

“Tapi meski telah ada petugas kebersihan, seharunya pengunjung bisa bersama-sama menjaga kebersihan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ada lokasi wisata,” ungkapnya.

Meningkatnya kunjungan wisatawan memang kita harapkan, namun dengan meningkatnya wisatawan semua pihak bisa bersama-sama menjaga kebersihan, termasuk wisatawan yang datang.

“Kita berharap kedepan wisatawan lebih peduli dengan kebersihan lokasi wisata, agar pengunjung yang datang lebih nyaman dan betah saat berada disana,” singkatnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait