Pengurus Cabang APRI Pesbar Resmi Dikukuhkan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Pesbar periode 2021-2025, yang dipusatkan di aula Sartika Guest House Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (28/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung Drs. Hi. Juanda Naim, M.H., Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan., Rizwar, S.Km, M.Si., ketua umum Pengurus Wilayah APRI Cabang Provinsi Lampung, Purna Irawan S.Ag., kepala Kantor Kemenag Pesbar Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., seluruh kepala Madrasah se-Pesbar serta undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya


Kepala kantor Kemenag Pesbar, Hi.Yulizar Andri, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus cabang APRI Kabupaten Pesbar yang baru dikukuhkan, diharapkan semua pengurus dapat mengemban amanah dan kepercayaan yang diberikan ini dengan baik.

“Seluruh pengurus diharapkan bisa memegang teguh dan dapat melaksanakan amanah yang diberikan itu dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Pesbar, Rizwar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengukuhan APRI di Pesbar ini merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk membentuk organisasi profesi sebagaimana yang diatur oleh  Permenpan No.9/2019, bahwa dengan dibentuknya APRI menjadi salah satu wadah dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia para penghulu. Karena itu perlu diketahui dibentuknya APRI tersebut bertujuan sebagai tempat dalam menunjang dan meningkatkan kompetensi para penghulu.

“Melalui APRI ini kita harap sumber daya manusia mereka semakin meningkat guna meningkatkan integritas para penghulu khususnya di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Masih kata dia, seluruh penghulu yang tergabung dalam APRI Pesbar ini diharapkan dapat bekerja secara profesional dan mengedepankan ilmu pengetahuan serta menghindari hal-hal yang melanggar yang tidak berkesesuaian dengan tugas-tugas sebagai penghulu.“Karena penghulu disamping menjabat fungsional juga mempunyai kedudukan penting di tengah-tengah masyarakat yaitu sebagai mufti atau tempat bertanya bagi masyarakat setempat,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung, Hi.Juanda Naim, mengatakan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan memiliki tugas dan fungsi antara lain pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk. Selain itu, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat islam, serta pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA dan juga tugas-tugas lainnya.

Ditambahkannya, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KUA Kecamatan dibantu oleh kelompok jabatan fungsional diantaranya yakni jabatan fungsional penghulu. Karena itu tugas dan peran penghulu cukup penting, sehingga harus menjadi perhatian bersama. Untuk di Provinsi Lampung sendiri hingga kini masih ada KUA yang tidak memiliki penghulu, bahkan ada beberapa KUA yang pegawainya hanya satu orang saja yakni kepala KUA Kecamatan.

“Dengan adanya APRI yang merupakan organisasi profesi fungsional penghulu di Kabupaten Pesbar ini diharapkan kedepan mampu melaksanakan tugas dan fungsi pokok dalam peningkatan profesionalisme penghulu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait