Pentas Orkes Gambus di Taman Buah Hamtebiu, Berikut Jadwalnya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kemuakhian Orkes Gambus Lampung Barat (Lambar), menggelar Pentas Orkes Gambus di Taman Buah Hamtebiu, Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit dua kali dalam sebulan, atau setiap dua minggu sekali dengan melibatkan puluhan group music orges gambus di kabupaten setempat.

Event tersebut, dilaksanakan dalam rangka memberikan wadah dalam mengangkat, melestarikan sekaligus meningkatkan potensi seni, budaya dan tradisi di kabupaten Lambar khususnya seni music Orkes Gambus, sekaligus memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya



Feri Yanto, anggota Komunitas Orkes Gambus yang juga panitia dalam perhelatan tersebut mengatakan, setidaknya ada dua hingga tiga group orkes gambus yang akan tampil pada jadwal yang telah ditentukan, yang dihelat bulan Oktober, Novermber, Desember, Januari, dan Februari.

Pada tanggal 19 Oktober lalu telah tampil group Andan Mufakat dari Pekon Gununtg Sugih, dan Sai Pulau dari Pekon Way  Empulau Ulu,  kemudian tanggal 2 November mendatang  akan tampil Sebarus Sai dari Pekon Sebarus, Silvana dari Kelurahan Waymengaku, dan Sanggar Buay Bejalan Diway dari Pekon Kembahang. Pada tanggal 16 November dijadwalkan untuk Group Teba Permata dari Pasar Liwa, GMT dari Pekon Tembelang   dan Way Khemelai dari Pekon Turgak.

Lalu, tanggal 30 November dijadwalkan untuk group music orgkes gambus Dian Utama Pekon Padang Dalom, Sanggar Ratai dari Pekon Sukarame dan Sanggar Setikhaman Muloh Tungga dari Pekon Hujung. Tanggal 14 Desember group Sinar Pesagi dari Pekon Bahway, Radeka dari Way Empulau Ulu dan HRK dari Pekon Canggu.

”Pada tanggal 28 Desember 2019 dijadwalkan yang akan tampil yakni Group Andan Saka dari Pekon Sukaraja, Andan Muakhi dari Cenggiring dan Buay Benyata dari Pekon Luas,” jelasnya.

Mengawali awal tahun 2020, tepatnya tanggal 11 Januari akan tampil group Mutiara dari Pekon Sukarame, Way Halipu dari Pekon Bakhu, Seangkonan dari Teratas, selanjutnya pada tanggal 25 Januari 2020 akan tampil group music Gemuttukh Agung dari Pekon Bakhu, Sanggar Seni Setiwang dari Liwa, dan Sanggar Luppak Way dari Pekon Bumi Agung, tanggal 8 Februari group andan  jejama dari Pekon Gunung Sugih Batubrak, Tunas Selalau dari Pekon Balak, dan Genertu dari Pekon Negeri Ratu.

”Terkahir pada tanggal 22 Februari akan tampil OG Jejama dari Pekon Awi/Pekon Kegeringan, Gena Penyimbang dari Pekon Sukabumi dan Janji Muakhi dari Pekon Bahway,”  ujar Feri.

Dilain pihak Kabid Pemasaraan Pariwisata Disporapar Lambar Endang Guntor, S.H, M.M., mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan dihelatnya orkes gambus setiap dua minggu sekali yang diselenggarakan kemuakhian orkes gambus Lampung Barat tersebut.

”Patut diapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada group orkes gambus se Lambar utamanya kepada para penggagas, sebuah langkah pelestarian dan serta penyediaan ajang bersilaturahmi dengan memberikan ruang yg menjadi wadah penyaluran bakat dan hobi,” ungkap Endang.

Terusnya, perhelatan tersebut merupakan sebuah atraksi dan daya tarik wisata yang tentunya akan berdampak baik untuk perkembangan seni budaya dan pariwisata di Lambar.

”Kegiatan ini berlangsung tanpa pembiayaan dari pemda, maka dari itu ini patut di apresiasi dan diteladani, semoga akan semakin banyak muncul ide-ide serupa untuk mengisi pembangunan di bumi sekala bekhak untuk bersama kita mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait