Penuhi SOP, Tempat Wisata di Lambar Direkomendasikan Buka Kembali

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disiase 2019 (Covid-19) Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata.

Melaksanakan kegiatan peninjauan lapangan, kesiapan pembukaan kembali lokasi wisata, seperti destinasi wisata Rest Area, Kecamatan  Sumberjaya, Ekowisata Pinusan dan Arung Jeram BUMDes Tirta Jaya Pekon Sukajaya. Hingga Temiangan Hill, negeri diatas awan Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian.

Bacaan Lainnya



Tim peninjau terdiri yang terjun seperti Unsur Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten, Unsur Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Unsur Dinas Kesehatan,  Unsur Satpol PP, Uspika, dan Unsur Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Destinasi Wisata.

Peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Destinasi Wisata, Restoran, Cafe atau Warung makan dan Hotel (Penginapan).

Dimana sesuai dengan SOP untuk destinasi wisata, harus melaksanakan penerapan protokol kesehatan seperti pemakaian masker, menyediakan alat pengukur suhu serta penyediaan tempat cuci tangan di pintu masuk dan keluar.

Juga menyediakan Hand sanitizer di beberapa titik tertentu, pembatasan jarak antar pengunjung, mencegah kepadatan pengunjung dengan pembatasan jumlah pengunjung, mengupayakan pemberlakuan booking dan pembayaran tanpa kontak.

Dan tak kalah pentingnya melakukan desinfeksi secara berkala, meningkatkan dan menciptakan lingkungan yang bersih dan higienis, memasang papan informasi tentang Covid-19 dan pencegahannya, selalu berkoordinasi dengan fasilitas layanan kesehatan terdekat serta Memastikan kesehatan seluruh karyawan untuk menjamin keamanan bagi pengunjung.

Kepala Bidang Penegakan Perda dan Perbup Sukardi, S.H, M.H., mendampingi Kasat Pol PP Haiza Rinsa, S.H, M.H., menegaskan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan oleh tim gabungan tersebut.

Secara umum destinasi wisata yang ditinjau sudah memenuhi standar SOP dan Protokol Kesehatan, hanya saja perlu penambahan-penambahan diantaranya.

Penambahan tempat cuci tangan,  Penambahan papan informasi,  Perlu koordinasi dengan layanan kesehatan terdekat.

Dan berdasarkan pertimbangan Tim untuk Destinasi Wisata tersebut direkomendasikan untuk dapat dibuka kembali. (rin/mlo)



Pos terkait