Penyaluran Bantuan Beras PPKM Ditekankan Harus Cepat dan Tepat Sasaran 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Penyaluran bantuan beras bagi warga yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditekankan agar dapat cepat dan tepat sasaran.

Hal itu ditegaskan Camat Sukau, Kabupaten Lampung Barat Hadi Sutanto, S.Kom, M.S.i saat memantau pendistribusian di Pekon Buaynyerupa, Kecamatan setempat, Selasa (3/8).

Bacaan Lainnya

Selain itu, pimpinan wilayah kecamatan setempat itu juga meminta agar dalam proses pendistribusian tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni tidak berkerumun dan setiap keluarga penerima manfaat (KPM) wajib memakai masker.

“Jadi proses penyalurannya harus cepat supaya dapat segera dimanfaatkan masyarakat. Kemudian harus tepat sasaran, jangan sampai ada masalah dan menimbulkan stigma negatif. Karena data penerima bantuan ini sudah terdaftar secara By Name By Addres,” ungkap Hadi.

Untuk pekon dengan jumlah sasaran KPM yang banyak, pihaknya menyarankan kepada petugas penyalur yaitu para pendamping PKH agar dapat membagi sesi penyaluran untuk menghindari kerumunan.

“Kalau jumlah KPM nya banyak, harus dibagi waktunya supaya tidak berkerumun, seperti misal di Pekon Buaynyerupa ada 314 KPM jika memungkinkan bisa dibagi dua sesi,” pesannya.

Dalam kesempatan itu ia juga menerangkan bahwa penyaluran bantuan beras PPKM itu merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Jangan dilihat besar atau kecilnya bantuan ini, tapi bagaimana pemerintah hadir untuk membantu masyarakatnya di tengah kondisi ekonomi saat ini,” kata dia.

Kemudian, sesuai peruntukannya, bantuan beras PPKM tersebut diperuntukkan bagi KPM yang terdaftar sebagai penerima PKH, BST, serta BPNT non PKH.

“Jadi sasaran penerimanya sudah jelas dan terdaftar. Untuk itu jika bantuan sudah tiba di masing-masing pekon kami minta masyarakat agar segera diambil dan dimanfaatkan,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait