Penyaluran BLT-DD Tahap III di Gedungsurian Selesai

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III, kepada 86 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaksanakan di balai pekon Kamis (9/7).

Pada penyaluran terakhir (Juni) periode pertama ini, penyaluran kembali dihadiri Camat Gedungsurian Ernawati, S.E., juga dihadiri Bhabinkamtibmas Aipda Susanto, Babinsa Kopral Kepala Rasbudiono.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya Ernawati menekankan agar bantuan dimanfaatkan sebagai mungkin sesuai dengan tujuan disalurkannya bantuan yakni pembelian kebutuhan pokok rumah tangga (sembako). 

Selain daripada itu juga pihaknya meminta agar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk ditaati selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) Sebab walaupun sekarang sudah memasuki penerapan new normal bukan berarti pandemi Covid-19 sudah sirna.

“Banyak batasan yang harus kita taati semasa penerapan new normal, seperti tetap mengenakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak. Hal itu sebagai upaya mencegah penularan virus corona,” ungkapnya.

Sementara disampaikan Peratin Boimin, jumlah KPM penerima BLT-DD pada pembagian tahap tiga ini mengalami penurunan 15 KPM, yang mana awalnya berjumlah 101 KPM, sekarang tingga 86 KPM.

Hal itu karena 15 KPM masuk data Dinas Sosial (Dinsos) 12 KPM memperoleh Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Tiga KPM lainnya memperoleh Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Sesuai Peraturan Bupati (perbup) penerima bantuan tidak boleh tumpang tindih maka yang masuk data Dinsos dicabut dari penerimaan BLTDD, dan pencabutan tersebut sudah disetujui warga penerima yang disahkan melalui rapat mufakat, dengan Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pekon (LPMP),” tandasnya.

Lanjut Boimin penyaluran BLT-DD masih akan dilanjutkan untuk periode kedua selama Tiga bulan ke depan terhitu Juli, Agustus, September, namun besaran angka Rp300 ribu-per-KPM, setiap bulannya. Dan saat ini masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Bupati Lambar H Parosil Mabsus. 

Sekedar diketahui, pada penyaluran BLT-DD Tahap III tersebut, Pekon Gedungsurian menjadi pekon penutup dari empat pekon lainnya. Seperti Puramekar, Mekarjaya, Ciptawaras dan Sidomulyo.  (rin/mlo)



Pos terkait