Penyaluran DD Tahap Dua, DPMP Pesbar Tunggu PMK Terbaru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), belum dapat menerima usulan pencairan anggaran Dana Desa (DD) tahap dua dari pekon di kabupaten setempat.

Pasalnya, Dinas PMP masih menunggu terbitnya perubahan peraturan menteri keuangan (PMK) terkait pengusulan dan penyaluran anggaran DD dari pusat ke seluruh pekon.

Bacaan Lainnya

Plt. Kadis PMP Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan  kini sudah ada sejumlah pekon yang siap mengajukan pencairan DD tahap dua, tapi belum bisa diproses karena masih menunggu peraturan terbaru dari Kementerian Keuangan.

“Akan ada peraturan terbaru dari Kementerian Keuangan, ditakutkan ada  perubahan mekanisme pengusulan dan penyaluran anggaran DD tahap dua itu, jadi usulan dari pekon belum kita terima,” kata dia.

Dijelaskannya, mekanisme pengusulan dan penyaluran DD tahap dua kemungkinan akan berbeda dengan penyaluran tahap satu lalu, sehingga pihaknya belum bisa menerima berkas usulan dari pekon sebelum peraturan itu terbit.

“Meski pekon sudah siap namun berkasnya belum sampai ke kita, jadi ketikan nantinya ada perubahan dalam berkas usulan itu, pekon tidak perlu bolak balik mengambil berkas usulan untuk diperbaiki,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya bukan tidak ingin memproses usulan pekon yang sudah siap, namun dikhawatirkan ada perubahan mekanisme dalam pengusulan DD tahap dua sehingga terdapat berkas usulan yang berubah.

“Jika ada perubahan nantinya tentu pekon yang akan repot mengambil berkas itu kembali, sedangkan jika berkas masih di pekon dan peraturan itu sudah terbit maka pekon bisa langsung melakukan perbaikan sesuai dengan poin yang ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itus, terkait pelaksanaan penyaluran DD tahap pertama, saat ini masih dalam proses, terutama dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT-DD), dimana blum semua pekon menyelesaikan penyaluran bantuan tersebut.

“Penyaluran DD reguler dan untuk Covd-19 sudah selesai semua, sekarang tinggal penyaluran BLT-DD yang belum selesai dilakukan karena masih banyak pekon yang belum menyalurkan BLT-DD penuh selama lima bulan,” pungkasnya.(ygi/d1n/mlo)


Pos terkait