Penyaluran DD Tahap I Belum Selesai, Tahap II Tidak Bisa Diproses

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kini belum memproses usulan pencairan anggaran dana desa (DD) Tahap II tahun 2021.

Plt. Kadis PMP Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan bahwa kini proses penyaluran anggaran DD Tahap I ke seluruh pekon di kabupaten setempat masih belum selesai, sehingga untuk Tahap II belum bisa dilakukan.

Bacaan Lainnya

“Penyaluran anggaran DD Tahap II itu baru bisa dilakukan jika semua anggaran DD Tahap I yang dialokasi ke pekon telah diserap semua oleh pekon, mulai dari anggaran DD delapan persen untuk Covid-19, DD reguler hingga DD untuk BLT,” kata dia.

Dijelaskannya secara keseluruhan pekon saat ini masih proses penyaluran BLT-DD, dimana rata-rata peko baru menyalurkan BLT-DD untuk bulan ketiga atau bulan Maret, sehingga masih ada dua tahapan penyaluran lagi yang harus diselesaikan oleh pekon.

“Anggaran DD Tahap I alokasi untuk Covid-19 dan DD reguler telah diterima oleh seluruh pekon, sekarang pekon masih memproses penyaluran DD untuk BLT, karena untuk Tahap I pekon menyiapkan BLT selama lima bulan,” jelasnya.

Menurutnya, kini sudah ada pekon yang menyalurkan BLT-DD untuk lima bulan langsung, namun realisasi serapannya masih untuk tiga bulan, jadi belum dapat dikatakan selesai.

“Meski pekon sudah menyalurkan BLT-DD hingga bulan Mei, namun realisasi penyerapannya belum sampai bulan Mei maka belum bisa dikatakan serapan DD Tahap I telah selesai,” terangnya.

Dikatakannya, jika pekon sudah menyelesaikan serapan anggaran DD Tahap I, maka pekon sudah bisa mengajukan untuk pencairan anggaran DD Tahap II, jadi jika Tahap I belum selesai maka belum bisa dilanjut ke Tahap II.

“Beberapa waktu lalu sudah ada pekon yang mengajukan usulan pencairan DD Tahap II, tapi belum bisa kita proses karena serapan DD Tahap I belum selesai,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait