Penyebaran Covid-19 di Batubrak Mulai Tak Terkendali

  • Whatsapp
Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH.

Medialampung.co.id – Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lampung Barat terjadi lonjakan tajam di Kecamatan Batubrak. Berdasarkan data yang direalise oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Lambar Jumat (2/7/2021) penambahan jumlah terkonfirmasi di kecamatan tersebut mencapai 31 orang.

Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, APT, MPH., mengungkapkan, untuk kasus baru selain penambahan dari Kecamatan Batubrak sebanyak 31 kasus, penambahan juga berasal dari Kecamatan Sekincau sebanyak tiga kasus, atau total penambahan sebanyak 34 kasus. 

Bacaan Lainnya

“Untuk penambahan tersebut semuanya merupakan hasil tracing terhadap terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya,” ungkap Erna Yanti, mendampingi Kadiskes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. 

Dari seluruh kasus baru tersebut, kata Erna, rata-rata bergejala bahkan tiga diantaranya harus dirawat di ruang isolasi RSUD Alimuddin Umar, dan saat ini kondisinya terus membaik. 

“Dengan terjadinya penambahan 34 kasus tersebut petugas kami di lapangan kembali melakukan tracing, dan diharapkan kepada masyarakat untuk proaktif dan jujur, jika sempat melakukan kontak terhadap terkonfirmasi positif agar melapor kepada petugas, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah penanganan,” kata dia. 

Selain itu, lanjut Erna, bagi masyarakat yang telah ditracing terlebih dinyatakan positif terpapar Covid-19 agar mematuhi apa yang dianjurkan petugas, salah satunya untuk tidak keluar rumah atau berinteraksi dengan orang luar terlebih dahulu sebelum masa isolasi selesai dan dinyatakan sehat. 

“Kami juga  tidak henti-hentinya mengimbau mengajak masyarakat untuk mematuhi 5M, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kita harus sama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait