Penyekatan Kendaraan di Pos Pinusan Sumberjaya Mulai Diberlakukan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Semua kendaraan baik mobil atau motor yang masuk ke Kabupaten Lampung Barat melalui pintu masuk, jalan nasional Kecamatan Sumberjaya. Harus melalui pemeriksaan di Posko Pemantauan (Pospam) Penyekatan Operasi Ketupat Krakatau, di Pinusan, Kecamatan Sumberjaya yang mulai diaktifkan, Kamis (6/5).

Penerapan Pospam Penyekatan yang diberlakukan di semua wilayah itu tentunya langkah dalam mencegah dan meminimalisir penularan virus corona yang sampai saat ini belum dapat dikendalikan sepenuhnya. 

Bacaan Lainnya

Kapospam Penyekatan Pinusan Ipda Mahmudi mendampingi Kapamatwil Kompol Kadengan, mengetahui Kapolres Lambar Rachmad Tri Haryadi, S.Ik., menegaskan, Tim gabungan dari Polri, TNI, Medis, Satpol-PP, Pramuka Tagana, PMR yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, akan melihat, memantau kendaraan yang masuk.

Seperti kendaraan dari luar kabupaten, baik dari Pulau Jawa, bahkan dari Luar Lampung Barat dilakukan identifikasi atau pemeriksaan, seperti cek KTP, (Identitas) serta surat keterangan dinyatakan sehat dari Gugus Tugas Covid-19.

Tak hanya sampai disitu, masyarakat yang masuk harus diberikan pengecekan kesehatan seperti pengukuran suhu badan. Dan jika tidak normal akan dilakukan Rapid Test, atau di Swab Antigan. 

“Jika hasil ada positif akan tindakan oleh pihak puskesmas seperti dimasukkan ke rumah isolasi yang memang sudah disediakan,” tegasnya. 

Dalam hal itu Ipda Mahmudi menyampaikan, petugas terkait, dalam menjalankan fungsi di pospam penyekatan tentunya dengan mengedepankan dan menghitung nilai kemanusiaan.

Dan dihari pertama pengaktifan Pos Penyekatan personil yang melakukan penjagaan, Polri Empat personel, TNI Dua Personil, Satpol-PP Dua personel, Dishub Satu personil, BPBD Dua Personel, Puskesmas Sumberjaya Tiga Personil. 

Dalam posko penyekatan tersebut sendiri ada empat posko, Pertama Posko Penyekatan, Kedua Posko Gugus Tugas, Ketiga Posko Rapid Antigen, dan Keempat Posko Rumah Isolasi. 

Hingga berita ini diturunkan, situasi Kamseltibcar Lantas berjalan dengan aman dan kondusif dan lakalantas nihil. Petugas terus memberikan himbauan bagi pengguna jalan raya agar menerapkan protokol kesehatan dengan memakai 5M, (Mencuci tangan, menjaga jarak, Menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan membatasi berinteraksi pada saat lebaran Idul Fitri. (r1n/mlo)

Pos terkait