Penyelenggaraan PPDB SMA di Pesbar Mulai Juni 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Juni 2021 mendatang mulai melaksanakan tahapan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022. Sehingga, seluruh orangtua/wali siswa yang hendak menyekolahkan anaknya agar dapat mempersiapkan semua berkas persyaratan untuk PPDB tersebut.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Pesbar, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.Si., mengatakan rencana pelaksanaan PPDB khususnya di setiap SMA di Pesbar hingga kini masih terus dipersiapkan. Hal itu berdasarkan Peraturan Gubernur Lampung No.16/2021 tentang PPDB pada sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan serta pendidikan khusus di Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya


Selain itu, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) sesuai dengan keputusan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung No:800/1170/V.01/DP.2/2021 tentang petunjuk teknis PPDB pada sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan di Provinsi Lampung.

“Dalam PPDB itu nanti harus secara objektif, transparan, akuntabel dan nondiskriminatif, sehingga kita berharap Juknis PPDB dapat dipahami setiap SMA di Kabupaten ini,” kata dia, Jumat (21/5).

Dijelaskannya, sesuai dengan Juknis itu juga untuk calon peserta didik yang mendaftar dalam penyelenggaraan PPDB tentu tidak dipungut biaya pendaftaran. Sedangkan, untuk jalur pendaftaran masih sama dengan tahun sebelumnya antara lain melalui jalur zonasi yakni diperuntukan bagi peserta didik yang berdomisili di lingkungan terdekat dengan satuan pendidikan yang dituju, dengan kuota paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

Kemudian, jalur afirmasi yakni diperuntukan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili didalam dan diluar wilayah zonasi dengan kuota 15 persen dari daya tampung sekolah. Selain itu, jalur perpindahan tugas orang tua/wali diperuntukan bagi peserta didik yang orang tua/walinya telah berpindah tugas/mutasi ke daerah dimana peserta didik tinggal saat ini dengan kuota paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah.

“Untuk jalur prestasi diperuntukan bagi peserta didik yang berprestasi di bidang sains, seni dan olahraga, serta berprestasi di bidang lainnya yang sifatnya berjenjang, jalur prestasi ini dengan kuota paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, PPDB tahun pelajaran 2021/2022 itu di jadwalkan untuk pendaftaran dan proses seleksi real time dimulai 14-17 Juni 2021, selanjutnya tahapan verifikasi faktual berkas tanggal 18-22 Juni 2021, dan pengumuman tanggal 23 Juni 2021. Dilanjutkan dengan pendaftaran ulang pada 23-24 Juni 2021 mendatang. Serta untuk masuk MPLS kelas X dijadwalkan tanggal 7-9 Juli 2021 dan hari pertama masuk sekolah pada tanggal 12 Juli 2021. Dalam pendaftaran PPDB dilakukan dengan dua metode baik dalam jaringan (daring) atau online, maupun secara luar jaringan (luring) dengan datang langsung ke sekolah.

“Kita berharap calon peserta didik yang akan mendaftar di setiap SMA yang ada di Pesbar ini agar mempersiapkan diri dan melengkapi semua berkas persyaratan yang dibutuhkan,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait