Penyerapan APBD Rp439,530 Miliar Lebih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Rapat koordinasi pengendalian operasional  pembangunan (Rakor POP) triwulan II anggaran 2019 yang digelar Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Lambar  dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus dan dihadiri Wakil Bupati Drs. Hi. Mad Hasnurin dan Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Akmal Abdul Nasir, S,H, kepala OPD, camat serta pejabat eselon III di Ruang Rapat Kagungan, Selasa (16/7/2019).

Dalam sambutannya, Parosil mengatakan rakor merupakan salah satu kegiatan yang cukup strategis bagi kita semua untuk melakukan evaluasi program terkait secara komprehensif agar triwulan berikut capaiannya akan lebih cepat dan kinerjanya lebih baik, bukan hanya sekadar koordinasi dan konsultasi tetapi harus ada perbaikan yang sungguh-sungguh, dengan pola e-planning dan e-budgeting sehingga maksimalkan penggunaan digital informasi untuk efektivitas pembangunan.

Kepada seluruh OPD, lanjut dia, diharapkan untuk segera melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan atau merealisasikan anggaran, itu mengingat saat ini telah memasuki triwulan III. “Kepada seluruh OPD dan camat dengan waktu yang tersisa dan hampir meninggalkan bulan Juli dan di bulan Agustus akan banyak kegiatan seremoni sehingga akan menyita fokus kita jadi diharapkan agar seluruh kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, dan tepat waktu,” imbuhnya.

Lanjut dia, masih ada waktu untuk menyelesaikan program tahun 2019, sehingga paling tidak triwulan I dan II menjadi evaluasi dan di triwulan III dan IV akan lebih cepat lagi dan kinerjanya lebih baik lagi dibanding pada triwulan sebelumnya.

Parosil mengatakan terkait program baru yaitu  pemanfaatan dana kelurahan diarahkan untuk pembangunan sarana dan prasarana pelayanan publik serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan. “Terkait dana kelurahan, saya berharap kepada pihak kelurahan untuk melakukan penyerapan, itu mengingat bulan Juli akan segera berakhir sementara dana tersebut belum juga diserap dan dimanfaatkan oleh pekon untuk kepentingan masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Kabag Administrasi Pembangunan Irvan Leonardo, S.P., M.Si dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakanya rakor POP triwulan I tersebut untuk mengevaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan fisik maupun keuangan, serta memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Lambar tahun anggaran 2019.

“Peserta Rakor POP ini merupakan seluruh pengguna anggaran,  PPK, PPTK dan camat di Kabupaten Lampung Barat,” kata dia.

Dijelaskannya, penyerapan APBD tahun 2019 hingga triwulan II di lingkungan Pemkab Lambar baru mencapai Rp439,530 miliar atau 37,58 persen dari total APBD sebesar Rp1.169 triliun lebih.

“Realisasi kegiatan fisik dan non fisik hingga Juni tahun 2019, dari 1.992 kegiatan yang ada pada seluruh OPD, yaitu 0 % sebanyak 377 kegiatan, realisasi 1-50 %   sebanyak 882 kegiatan, 51-75 %  sebanyak 427 kegiatan, sedangkan 76-100 % mencapai 306 kegiatan,” ujar Irvan. (lus/mlo)



Pos terkait