Penyerapan APBP II Lambat

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – BALIKBUKIT – Penyerapan ang­garan pendapatan belanja pekon (APBP) tahap II baik dana desa (DD) maupun alokasi dana pekon (ADP) tahun 2019 di Kabupaten Lambar terkesan lambat. Pasalnya, 131 pekon di kabupaten setempat hingga kemarin, Selasa (7/5) belum mengajukan berkas usulan pencairan anggaran dimaksud.

”Sampai hari ini kami belum me­nerima rekomendasi dari Dinas Pem­berdayaan Masyarakat dan Pekon (DP­MP) untuk pencairan DD dan ADP tahap II. Ya, belum satu pekon pun,” ujar Kabid Pembendaharaan Ruliansyah mendampingi Kepala BP­KD Drs. Daman Nasir, M.P., kemarin.

Bacaan Lainnya



Sementara Plt. Kepala DPMP Yudha Setiawan mengungkapkan, pihaknya sudah mengimbau kepada pekon supaya segera menyampaikan usulan untuk pencairan DD maupun ADP tahap II. Itu mengingat dananya telah standby di kas daerah.

”Sampai hari ini belum ada satu pun pekon yang belum me­nyampaikan usulan untuk pen­cairan tahap II. Bahkan kita juga masih menunggu usulan dari Pekon Padangtambak Ke­camatan Waytenong yang hingga kini belum melakukan penye­rapan DD dan ADP tahap I se­besar 20 persen,” kata Yudha.

Disinggung apa langkah D­PMP terkait lambatnya Pekon Padangtambak dalam me­nyam­paikan usulan untuk pencairan dana tahap I. Yudha mengaku pihaknya masih menunggu dan telah meminta camat Waytenong untuk mencari tahu apa pe­nye­babnya dan meminta pen­jelasan apa yang menjadi per­masalahan sampai saat ini belum me­nyam­paikan proses ususlan AP­BP­ekon dan proses DD dan ADP tahap I. “Kita tunggu saja,” ucapnya.

Terusnya, pihaknya me­ngim­bau kepada seluruh peratin untuk segera mengajukan usulan pen­cairan APBPekon tahap II, itu mengingat dananya telah lama berada di kas daerah dan saat ini telah memasuki bulan Mei. “Semakin cepat peratin me­ngajukan berkas usulan maka semakin cepat pula dananya cair,” tegasnya. (lu/mlo)



Pos terkait