Penyusunan RKPD 2022, Bappeda Pesbar Gelar Forgab Perangkat Daerah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Gabungan (Forgab) Perangkat Daerah, yang dilaksanakan di ruang rapat Bappeda setempat, Rabu (10/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Setdakab Pesbar, Syamsu Hilal, S.Sos., mewakili Plh. Bupati Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., Sekretaris Bappeda Pesbar Eka Chandra, S.Km, M.M., Sekretaris BPKAD setempat, Herdi Wilismar, S.H., serta sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, dan undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan pelaksana kegiatan Forgab Kabupaten Pesbar tahun 2021 yang disampaikan Kepala Bappeda Pesbar, Drs. Zukri Amin, M.P., melalui Sekretaris Eka Chandra, mengatakan bahwa Forgab perangkat daerah merupakan wadah perangkat daerah sebagai perwujudan dari pendekatan teknokratik dan partisipatif dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

“Forgab ini memaparkan rancangan awal RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022 yang secara umum memuat materi tentang arah kebijakan pembangunan, pendapatan dan arah kebijakan belanja daerah,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, itu nanti akan menjadi pedoman dalam penyusunan Renja tahun 2022. Pelaksanaan Forgab perangkat daerah Kabupaten Pesbar tahun 2021 untuk penyusunan RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022 ini bermaksud untuk meningkatkan keterpaduan dokumen perencanaan daerah dan perangkat daerah.

Sedangkan tujuan dilaksanakan kegiatan Forgab ini adalah sebagai forum koordinasi, integrasi, evaluasi, verifikasi serta sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Pesbar untuk tahun 2022.

“Kemudian untuk menyelaraskan rancangan awal Renja perangkat daerah tahun 2022 dengan tema yakni sasaran dan prioritas pembangunan daerah dengan rancangan awal RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022,” jelasnya.

Dikatakannya, selain itu juga bertujuan untuk menyesuaikan pendanaan program, kegiatan dan sub kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah tahun 2022. Dengan begitu diharapkan dalam penyelenggaraan Forgab perangkat daerah ini rancangan awal Renja perangkat daerah tahun 2022 yang memuat program kegiatan dan sub kegiatan serta pagu anggaran yang disusun berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Renja perangkat daerah tahun 2020.

“Serta daftar usulan kegiatan dari masing-masing perangkat daerah yang akan diusulkan melalui DAK, APBD Provinsi dan APBN tahun anggaran 2022 berdasarkan pada proyeksi kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Syamsu Hilal, menyampaikan bahwa Forgab perangkat daerah ini merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Pesbar, dimana proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah. Sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen rancangan awal RKPD dengan rancangan awal Renja perangkat daerah dalam kaitannya dengan sinergitas antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten hingga Pekon serta yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan program dan kegiatan dengan kemampuan fiskal daerah.

“Forgab ini adalah lanjutan dari pelaksanaan forum konsultasi publik yang telah dilaksanakan pada 16 Februari 2021 serta musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan se-Kabupaten Pesbar tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Februari 2021 lalu,” jelasnya.(yan/mlo)


Pos terkait