Peran Generasi Millenial Dalam Promosi Wisata Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melakukan terobosan dengan merangkul dan melibatkan generasi millenial dalam membantu pemasaran pariwisata di kabupaten setempat.

Untuk memaksimalkan keterlibatan generasi millenial tersebut, Disporapar melakukan sosialisasi di tingkat satuan pendidikan SMA/SMK sederajat se-Lambar, salah satunya di SMKN 1 Suoh yang dilaksanakan Selasa (15/10).

Bacaan Lainnya



Kabid Antraksi dan Daya Tarik Wisata Disporapar Lambar Endang Guntoro, S.H, M.M., mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya  memasarkan potensi pariwisata terupdate yang ada di Bumi Sekala Bekhak.

”Dalam pemasaran pariwisata tersebut, generasi millenial diharapkan dapat membantu dengan memaksimalkan penggunaan smartphone melalui promosi media sosial, yaitu dengan cara merekam, mengabadikan segala keindahan dan pesona wisata dan budaya serta kearifan lokal Lambar untuk di unggah di media sosial seperti Instagram, Facebook serta medsos lainnya,” ungkap Endang mendampingi Kepala Disporapar Ronggul L. Tobing, S.I.P, M.Si.

Hal itu,  kata dia, merupakan cara sederhana namun berdampak luar biasa kepada tingkat kunjungan wisatawan ke Bumi Sekala Bekhak. Karena itu, melalui sosialisasi yang dilakukan, pihaknya memberikan edukasi kepada para generasi millenial agar unggahan dimaksud disertakan narasi atau keterangan ajakan dan lokasi dan serta tagar hashtag yang diseragamkan agar memudahkan para calon wisatawan untuk menemukan segala potensi pariwisata yang ada Lambar.

”Harapan kami gerakan unggah bersama potensi pariwisata ini akan berdampak baik untuk tingkat kunjungan wisatawan di Lambar, kenapa generasi millenial? karena generasi millenial lah yang aktif di medsos dan serta aktif mengexplore segala keindahan Bumi Sekala Bekhak,” kata dia.

Sebenarnya selain SMA/SMK, lanjut Endang, upaya ini telah diterapkan kepada sejumlah komunitas, antara lain Komunitas Fotografi Lambar seperti LiwArt Pemotret Liwa yang sudah berjalan selama kurang lebih tiga tahun, dampaknya cukup dirasakan.

”Itu terlihat dengan banyak kunjungan wisatawan yang menghubungi teman-teman pemotret untuk mendampingi kunjungan mereka di Bumi Sekala Bekhak, selain itu stakeholder pariwisata Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lambar juga terus melakukan promosi terupdate di media sosial,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk sosialisasi tersebut juga telah dilaksanakan di SMKN 1 Pagar Dewa, dan rencananya akan dilanjutkan ke SMAN 1 Lumbokseminung, dan tentunya akan berlanjut ke SMA dan SMK lainnya di Lambar. (nop/lus/mlo)



Pos terkait