Peran Teknologi Informasi di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing di masa Pandemi Corona seperti saat ini.

Dengan diterapkannya teknologi informasi menurut wakil bupati Pringsewu DR. H. Fauzi  dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga.

Bacaan Lainnya


“Tanpa disadari bahwa kehidupan manusia saat ini telah memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi,” ungkapnya.

Pemanfaatan teknologi informasi ini menurut Fauzi juga disampaikan dalam makalahnya yang berjudul ‘Dampak Covid-19 pada  Sektor Industri Teknologi’ pada kegiatan Video Conference yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama, Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Pemanfaatan teknologi informasi oleh Pemkab Pringsewu di tengah pandemi Covid-19 ini, diantaranya untuk kegiatan sosialisasi dan seminar, doa bersama, serta musrenbang secara daring melalui video conference.

Melalui video conference ini, menurutnya dapat meminimalisir biaya pelaksanaan kegiatan seperti  untuk biaya transportasi, akomodasi, penginapan, dan lainnya. Fauzi juga meyakini, kegiatan dengan memanfaatkan teknologi video conference  akan banyak dilakukan oleh pemerintah nantinya.

Pemanfaatan teknologi informasi di tengah pandemi Covid-19 tersebut, diantaranya di bidang Pendidikan, yakni dengan mengadakan Class On-line. Di bidang Pemerintahan dengan penyebarluasan informasi melalui website, sarana komunikasi melalui video conference.

Selain itu, di bidang Bisnis dengan sistem e-commerce, bidang Sosial melalui media hiburan dan komunikasi serta social media, serta di bidang Kesehatan, untuk tujuan mapping dan tracking data penyebaran Covid-19.(sag/mlo)



Pos terkait