Peratin Diminta Berhati-Hati Dalam Mengelola DD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seluruh peratin di Kabupaten Lambar diminta untuk lebih berhati-hati dalam mengelola dana desa (DD) tahun 2020. Hal itu diungkapkan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Raswan, S.H, M.M., pada saat membuka acara rapat sinkronisasi, koordinasi evaluasi pembangunan pekon Kabupaten Lambar tahun 2020 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (26/2).

“Kami minta peratin untuk lebih berhati hati dalam mengelola dana desa karena jika tidak maka akan terkena masalah, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaaan harus diperhatikan. Sebab kita ini banyak yang mengawasi,” ujar dia.

Bacaan Lainnya



Peratin juga diharapkan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk masyarakat juga harus dilibatkan karena pembangunan sebaiknya berawal dari bawah ke atas (Bottom UP) bukan dari atas kebawah (Top Down).

“Jangan sampai peratin ada yang tersangkut hukum karena melakukan penyalahgunaan dana desa,” ucapnya.

Menurut dia, pembangunan pekon memegang peranan yang penting karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan pada hakikatnya bersinergi terhadap pembangunan daerah dan nasional.

“Pembangunan pekon merupakan kegiatan yang mencakup seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat pekon,” imbunya.

Lanjut Raswan, tujuan pembangunan pekon adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta muntuk meningkatkan kualiats hidup manusia dan untuk penanggulangan kemiskinan. Hal ini sesuai dengan pasal 78 ayat 1 Undang Undang No.6/2014 tentang desa.



Pos terkait