Peratin Sidodadi Berterimakasih Bantuan Seragam Gratis Bupati Perluas Pemanfaatan PKH

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Pekon Sidodadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat kembali memperoleh bantuan yang dibagikan secara bertahap setiap tahunnya. 

Dalam pembagian yang dilaksanakan pada Jumat (19/11) di balai Pekon Sidodadi tersebut dihadiri langsung oleh Peratin Prayitno.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, peratin kembali menegaskan bahwa PHK yang digulirkan pemerintah sejak beberapa tahun ini, sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Dimana PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik). 

Supaya penggunaan PKH harus sesuai kebutuhan, seperti untuk anak sekolah pengadaan peralatan sekolah, kecuali seragam yang sudah dibantu bupati.

Secara garis besar Peratin Prayitno sapaan akrab Bang Malik menyampaikan manfaat dan tujuan PKH. Seperti merubah perilaku keluarga sangat miskin untuk memberikan perhatian yang besar kepada pendidikan dan kesehatan anaknya

Untuk jangka pendek memberikan income effect kepada rumah tangga miskin melalui pengurangan beban pengeluaran rumah tangga sangat miskin, sementara untuk jangka panjang dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi melalui, Peningkatan kualitas kesehatan/nutrisi, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak dimasa depan (price effect anak keluarga sangat miskin). Selain itu memberikan kepastian kepada si anak akan masa depannya (insurance effect).

Mengurangi pekerja anak, Mempercepat pencapaian MDGs, melalui peningkatan akses pendidikan, peningkatan kesehatan ibu hamil, pengurangan kematian balita, dan peningkatan kesetaraan gender.

Sementara tujuannya. Meningkatkan kemampuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mengakses/memanfaatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan, Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil/nifas dan anak dibawah 6 tahun dari KPM. Meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak-anak (usia wajib belajar SD/SMP) KPM, Meningkatkan kondisi sosial ekonomi KPM. 

“Karena itu saya minta jangan sampai bantuan dimanfaatkan tidak tepat guna,” imbuhnya

Malik menggaris bawahi untuk Kabupaten Lambar di Sektor Pendidikan contohnya penerima PKH diberikan keringan pemanfaatan dana seperti dana tidak lagi digunakan untuk membeli seragam sekolah, karena sudah disalurkannya seragam sekolah gratis tiga steel dari Bupati Lambar Parosil Mabsus.

Karena itu mewakili warga penerima PKH Malik menyampaikan terimakasih atas PKH, dan bantuan seragam gratis dari bupati. “Untuk Lansia pemanfaatan PKH digunakan untuk pembelian vitamin, sembako dan kebutuhan mendasar lainnya,” pungkasnya. (r1n/mlo)

Pos terkait