Peratin Sumberalam Bina Warga Penerima Bantuan Pemerintah Kembangkan Usaha PM 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Cara Peratin Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat  M. Husain, dalam mengajak warga memanfaatkan lahan guna menunjang ketersediaan pangan, layak diacungi jempol.

Seperti yang diterapkan Husain kepada warganya, terkhusus yang taraf ekonominya masih lemah dan masih menerima bantuan dari pemerintah seperti penerima penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). 

Warga terkait, dituntun memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami, singkong,ubi jalar madu, dan jenis lainnya, yang disebut program Pangan Mandiri (PM) sebagaimana ajakan Bupati Parosil Mabsus, antisipasi ketahanan pangan di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). 

Dan lahan (demplot) yang disediakan pekon untuk lokasi PM, area kosong Tempat pemakaman Umum (TPU). 

“Pengelolaan Lokasi PM ini merupakan wujud inovasi warga penerima PKH, BPNT dan BLT-DD, untuk menjaga ketahanan pangan, sekaligus upaya  pemulihan ekonomi akibat virus corona,” terang Husain.

Atas animo warganya terhadap PM, Husain memberikan apresiasi karena gerakan itu sebagai salah satu wujud sinergitas warga bersama aparatur pekon.

Dijelaskannya, karena banyaknya jumlah warga penerima bantuan seperti untuk BLT-DD saja sebanyak 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dalam pengelolaan lahan PM,  bagi tiga kelompok. 

Dia juga mengulas pemanfaatan lahan kosong bakal TPU tersebut adalah hasil dari eksperimen bersama majukan Pekon Sumberalam menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. 

Di penghujung sambutannya Husain berharap  demplot PM ini bisa menjadi pelopor sistem pola ketahanan pangan masyarakat Pekon Sumberalam khususnya.(r1n/mlo)


Pos terkait