Percepat Vaksinasi Covid-19, Puskesmas Biha Door to Door Datangi Warga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk memaksimalkan percepatan Vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah kerja Puskesmas Biha, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar). Petugas Puskesmas Biha sejak Jumat hingga Sabtu (29-30/10) malam kemarin, melakukan kegiatan vaksinasi secara door to door atau dari rumah ke rumah untuk mendatangi langsung warga yang belum bisa mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door  untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19, terutama terhadap masyarakat yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan di Kecamatan Pesisir Selatan ini.

Bacaan Lainnya

“Ada sekitar 15 orang petugas kesehatan di Puskesmas Biha ini yang terjun langsung mendatangi warga untuk memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 tersebut,” katanya, Minggu (31/10).

Dijelaskannya, dalam penyisiran untuk memberikan pelayanan vaksinasi tersebut seperti di Pekon Sukarame, Negeri Ratu Tenumbang, Tulung Bamban, Tanjung Raya dan Sumur Jaya. Dalam pelaksanaan di beberapa Pekon yang jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan tersebut dilakukan hingga malam hari. Bukan hanya terhadap warga yang berada di rumah saja, namun pelayanan vaksinasi juga tetap dilakukan terhadap warga yang sedang beraktifitas di luar rumah.

“Pelaksanaan vaksinasi dengan mendatangi rumah warga itu mudah-mudahan bisa segera selesai, mengingat di Kecamatan Pesisir Selatan ini juga masih banyak warga yang belum mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Bahkan, kata dia, hingga kini dari target sasaran vaksin sebanyak 18.532 warga, baru sekitar 11.500 warga atau sekitar 63% yang sudah di vaksin Covid-19. Artinya, capaian target 50% vaksinasi tersebut sudah terealisasi. Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat itu secara bertahap.

“Rencananya besok kita juga akan kembali melakukan vaksinasi di Puskesmas Biha. Sembari menunggu vaksinasi jenis Sinovac untuk dosis kedua, dan vaksin pertama bagi lanjut usia (lansia) dan ibu hamil. Untuk itu kita berharap pelaksanaanya di Puskesmas Biha ini bisa lebih maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait