Peringatan HKN ke-57, Lambar Deklarasi Kabupaten ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang dipusatkan di UPTD Puskesmas Rawat Inap (PRI) Pajarbulan Kecamatan Waytenong, Jumat (27/11).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, dihadiri wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, jajaran Forkopimda, kepala Perangkat Daerah, para asisten, camat dan kepala Puskesmas se-kabupaten setempat serta para tamu undangan lainnya dan juga ratusan masyarakat. 

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pakcik—sapaan Parosil Mabsus—mengungkan, pelaksanaan peringatan HKN ke-57 sebagai momentum untuk bersyukur karena Lampung Barat menjadi salah satu kabupaten yang berhasil memperoleh penghargaan percepatan stop buang air besar sembarangan (SBS) tahun 2021, natural leader terbaik, peratin terbaik, serta sanitarian terbaik pada ajang STBM award di masa pandemi Covid-19.

“Sesuai tema HKN tahun ini ‘Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku’ diharapkan menjadi penyemangat bangkit dari kondisi pandemi Covid-19 dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan meningkatkan target capaian vaksinasi Covid-19, ” ungkapnya.

Terusnya, dalam pencapaian target pembangunan yang telah dituangkan dalam RPJMD dan pitu program bupati sektor kesehatan berperan dan bertanggungjawab dalam upaya pelaksanaan ‘pelayanan masyarakat sehat’ secara konkrit upaya yang telah dilakukan tersebut yaitu

program unggulan bupati lampung barat yaitu ambulan hebat dilengkapi 13 unit armada, 45 tenaga kesehatan serta 30 orang supir yang terintegrasi dengan PSC dengan 1 ambulan psc dan 1 supir PSC program beasiswa mahasiswa kedokteran sejumlah 9 orang. 

“Lambar dalam peningkatan sumberdaya manusia telah memiliki 119 orang tenaga terdiri dari dokter 10 orang, bidan 70 orang, perawat 25 orang dan 14 orang tenaga lainnya yang tersebar di 15 puskesmas, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan di puskesmas, dimana 15 puskesmas saat ini sudah menjadi puskesmas rawat inap,” bebernya. 

Lebih lanjut Parosil mengungkapkan, dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ke-57 diwarnai dengan deklarasi sebagai kabupaten ODF/ stop buang air besar sembarangan secara berkelanjutan sesuai dengan program nasional universal access dan SDGs 2030 guna menurunkan angka kejadian diare dan meningkatkan higienitas dan kualitas kehidupan masyarakat Lambar khususnya. 

“Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka peringatan hkn ke-57 merupakan momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19, sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru, ” kata dia. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan peringatan HKN ke-57 ini dilaksanakan atas dasar buku panduan HKN ke-57 Tahun 2021, Kementerian Kesehatan RI.

“Tujuan dilaksanakan HKN ini yakni sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan target cakupan vaksinasi Covid-19,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Rangkaian kegiatan HKN ke-57 dilakukan sesuai dengan potensi yang ada. Adapun rangkaian acara HKN ke-57 yakni Jalan sehat yang diikuti 500 anak milenial siswa SMP, SMA dan tenaga kesehatan. 

“Deklarasi Kabupaten ODF Tahun 2021 secara Virtual dengan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI dan dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta seluruh Peratin yang mengikuti deklarasi ini secara virtual,” imbuhnya. (nop/mlo)

Pos terkait