Peringatan HKN, Pemkab Lambar Agendakan Sejumlah Kegiatan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengagendakan sejumlah kegiatan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di kabupaten setempat.

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, pada hari peringatan HKN yang jatuh pada Jumat (12/11), pihaknya akan mengikuti peringatan secara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

Bacaan Lainnya

“Rangkaian acara akan dimulai besok, kami akan mengikuti peringatan secara virtual, untuk selanjutnya kegiatan dalam rangka memeriahkan HKN ke-57 telah kami rencanakan,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Dijelaskan, rangkaian kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat (26/11) mendatang dan akan dibuka langsung oleh Bupati Hi. Parosil Mabsus tersebut yakni, deklarasi kabupaten ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (100%). 

“Kegiatan tersebut juga akan diikuti secara virtual oleh seluruh puskesmas yang ada di Lambar. Pada hari yang sama juga akan dilakukan penyerahan piagam atau plakat penghargaan STBM Award, acara Senam bersama, pelayanan Posbindu PTM dan juga akan ada Doorprize, ” bebernya. 

Hanya saja meskipun pada peringatan HKN tahun ini,Pemkab Lambar turun level Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level II kini berada di level I namun, rangkaian kegiatan tetap akan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) dalam rangka mencegah meledaknya kembali kasus Covid-19 di kabupaten setempat.

“Pada intinya penerapan protokol kesehatan, pada perayaan HKN tahun ini tetap diperhatikan, jangan sampai kasus Covid-19 di Lambar yang saat ini mengalami penurunan drastis kembali meledak, sehingga untuk rangkaian acara dilakukan secara terbatas namun tidak mengurangi makna dari peringatan HKN itu sendiri,” kata dia. 

Ia menambahkan, sejak diresmikan tahun 1964, HKN menjadi momentum untuk melakukan pendidikan kesehatan sebagai salah satu upaya promosi kesehatan. Peringatan HKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kesehatan. (nop/mlo)

Pos terkait