Peringatan HUT Lampung Ke-56

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meski tidak melaksanakan upaca peringatan hari jadi  Provinsi Lampung Ke-56, Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn, Ph.D., melakukan berbagai kegiatan.

Seperti Kamis (12/3) Gubernur Hi. Arinal memberikan sejumlah bantuan dalam acara bakti sosial (baksos) sebagai rangkaian peringatan HUT Lampung di Desa Pulaupahawang, Kabupaten Pesawaran.

Bacaan Lainnya



Bantuan tersebut mulai dari pelayanan kesehatan, pengadaan kapal ambulance, hingga penerangan dengan menggunakan listrik 24 jam non stop.

Bantuan pelayanan kesehatan diantaranya pelayanan KB gratis, pemeriksaan skrining kesehatan jiwa, pemberian kelambu, pemberian sembako, pemberian vaksin hewan peliharaan. Selain itu juga diberikan pelayanan KTP gratis kepada seluruh masyarakat Pulaupahawang.

Senam Lampung Berjaya yang dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung, Riana Sari di lapangan Korpri, Kantor Gubernur Lampung, Jumat (6/3). 

Sedikitnya 48 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Lampung ikut ambil bagian dalam acara ini. Ratusan peserta senam tampak antusias untuk memenangkan lomba.

 

Kemudian meresmikan Masjid Iqro serta penandatanganan prasasti Masjid Iqro Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung di halaman kantor Disdikbud setempat oleh Sekdaprov Fahrizal didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Lampung, Riana Sari dan Kepala Disdikbud Lampung, Sulpakar pada Jumat (13/3).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Festival Olahraga Rekreasi Tahun 2020 dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Lampung ke-56, yang ditandai dengan pemukulan Tambur, di Mall Boemi Kedaton, Bandarlampung, Jumat (13/3/2020) malam.

Festival bertema “Membangun Sinergi Mewujudkan Lampung Berjaya” ini  akan digelar pada 12-15 Maret 2020 dengan menampilkan enam cabang olahraga, yakni sepakbola gaya bebas, street soccer, panco, kungfu, aerobik fitnes dan binaraga.

Kemudian pada Sabtu (14/3), Gubernur Arinal Djunaidi membuka Lampung Craft 2020 di Gedung Graha Wangsa, Bandarlampung.

“Kegiatan ini selain sebagai ajang promosi produk kerajinan dan budaya juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita semua untuk menjadi media bertukar informasi serta menyatukan langkah untuk saling bersinergi dalam membangun dan mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” ujar Arinal.

Lampung Craft sendiri yang berlangsung 14-15 Maret 2020 dengan mengusung kain khas Kabupaten Lampung Barat yakni Celugam sebagai ikon.

Terusnya, Lampung Craft juga merupakan pameran dagang kerajinan Lampung pertama kali dan menjadi pameran kerajinan terbesar di Lampung.

Lalu Minggu (15/3), Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Hi. Arinal Djunaidi membuka kegiatan bazar (pasar murah) dalam rangka memperingati HUT Lampung Ke-56 di lapangan PKOR Wayhalim. 

Bazar yang diselenggarakan tersebut adalah upaya Pemprov Lampung membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.

Selanjutnya, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Lampung mengikuti donor darah di Sekretariat DP Korpri Provinsi Lampung pada Rabu (4/3).

Donor darah tersebut merupakan pembuka rangkaian HUT Ke-56 Provinsi Lampung.

“Seperti kita ketahui bersama, darah dapat menjadi penolong dan penyelamat nyawa yang sampai saat ini belum dapat digantikan ataupun dibuat tiruannya. Donor darah adalah sesuatu yang penting dan berarti bagi kehidupan seseorang,” ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Fauziah.

Melalui donor darah ini, kata dia, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor. Karena setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan, kegiatan donor darah untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu sesama terutama bagi yang membutuhkan. (adv/ded/mlo)



Pos terkait