Peringatan HUT RI Ke-75 Bakal Digelar Sederhana 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi (rakor) bulanan sekaligus membahas persiapan menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75.

Rakor yang digelar di aula kantor kecamatan setempat itu dihadiri Camat Lumbokseminung Pinnur S.E,  Kapolsek Balikbukit Iptu Samsul Bahri S.H, Danramil Balikbukit Kapten Inf. Waniran, Kepala UPT PRI Lumbokseminung Khalif Ardhi S.Kep, M.H, Ketua Apdesi Lumbokseminung Ali Rahman. 

Bacaan Lainnya



Dalam kegiatan itu, Camat Lumbokseminung Pinnur, mengatakan peringatan HUT RI ke-75 bertema “Indonesia Maju” tersebut tampaknya tidak akan digelar semeriah tahun lalu, hal tersebut mengacu pada kebijakan terkait pembatasan sosial ditengah pandemi Covid-19.

“Mengingat Covid-19 masih mewabah, peringatan HUT RI tahun ini tidak digelar semeriah tahun lalu, hanya bersifat sederhana dengan mengambil acara intinya saja yaitu upacara bendera,” kata Pinnur . 

Itu pun, lanjutnya dilaksanakan dengan memperhatikan instruksi pemerintah pusat dalam penerapan protokol kesehatan di masa new normal yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta menyediakan fasilitas cuci tangan di area upacara. Selain itu, akan ada pembatasan jumlah peserta upacara.  

“Namun meski di tengah pandemi, kita berharap peringatan HUT RI ke-75 berjalan sesuai temanya yaitu Indonesia Maju, kita berharap masyarakat terus menjunjung tinggi semangat kebersamaan untuk mendukung seluruh program pemerintah sampai di tingkat pekon baik dari program pembangunan, sosial, pemberdayaan, kesehatan serta program unggulan lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, terkait kegiatan rakor bulanan tersebut pihaknya juga mengimbau pekon untuk mempercepat usulan pencairan dana desa (DD) tahap II guna merampungkan penyaluran BLT-DD tahap III, yang saat ini baru dilaksanakan di beberapa pekon.

“Bagi pekon yang belum menyalurkan BLT-DD Tahap III kita minta untuk segera menyampaikan usulan pencairan, agar apabila ada regulasi atau kebijakan BLT-DD ini akan berlanjut ke tahap selanjutnya, maka secara teknis kita sudah siap karena tahapan sebelumnya sudah selesai,” pungkas dia.

Sementara, Ketua Apdesi Lumbokseminung Ali Rahman menambahkan bahwa terkait kegiatan-kegiatan perlombaan yang rutin dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan HUT RI di tingkat pekon masih menunggu kebijakan pemerintah menjelang puncak peringatan HUT RI.

“Berkaitan dengan acara atau lomba-lomba di tingkat pekon belum kita putuskan, mengingat situasi dan kondisi saat ini, jadi kita lihat nanti kalaupun ditiadakan tentu tidak mengurangi semangat kita untuk menyambut HUT RI,” imbuhnya .(edi/mlo)



Pos terkait