Peringati Harganas Dengan Pelayanan KB Sejuta Akseptor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan kegiatan pelayanan KB gratis dalam rangka memperingati hari keluarga nasional (Harganas) di Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (29/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ketua Tim Penggerak PKK Pesbar Hj. Septi Istiqlal, Kepala DPPKB Nurdiah, S.Pd., sejumlah kepala OPD, Camat, dan Kepala Puskesmas.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal menyampaikan keluarga merupakan lingkungan pertama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian individu.

“Karena itu, peran keluarga penting dalam membentuk karakter dan menentukan kualitas bangsa. Keluarga yang sejahtera juga turut membantu dalam mewujudkan visi Kabupaten Pesbar yang madani, mandiri dan sejahtera,” kata dia. 

Dijelaskannya, untuk menciptakan keluarga sejahtera, salah satu cara yang  ditempuh Pemkab Pesbar adalah melalui pembangunan keluarga, sebagai institusi sosial terkecil, keluarga merupakan pondasi untuk membangun kehidupan sosial dan kehidupan bermasyarakat. 

“Program pembangunan keluarga berencana  merupakan tanggung jawab kita semua. kita perlu mengingat kembali bahwa penduduk yang besar dan berkualitas memang dapat menjadi modal pembangunan,” jelasnya.

Namun tambahnya, penduduk yang besar dan tidak berkualitas akan menjadi beban pembangunan, jika pertumbuhan penduduk terus bertambah dengan laju pertumbuhan yang tinggi sementara pertumbuhan ekonomi tidak tumbuh secara signifikan, pertumbuhan ekonomi yang kini sedang giat-giatnya kita bangun akan menjadi sia-sia. 

“Karena itu, tugas kita semua adalah bagaimana menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, SDM berkualitas salah satunya dapat dicapai melalui strategi peningkatan pembangunan keluarga,” terangnya.

Ditambahkannya, Pemkab Pesbar Barat melalui gugus tugas Covid-19 yang didukung semua pihak telah melakukan kegiatan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat tanpa terkecuali untuk membentengi dampak Covid-19 di masyarakat.

“Selamat kepada jajaran DPPKB yang telah melaksanakan kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor yang dilaksanakan secara nasional. Semoga dengan kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor ini, sangat membantu masyarakat dalam mengikuti program keluarga berencana,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PPKB,  Nurdiah dalam laporannya menyampaikan kegiatan pelayanan sejuta akseptor dilaksanakan di 11 kecamatan di puskesmas masing-masing, kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI),  Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan organisasi terkait lainnya.

“Secara Nasional Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh indonesia melalui BKKBN Pusat, dengan target satu juta akseptor,” singkatnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait