Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Lambar Bagikan Bunga Mawar, Hand Sanitizer dan Masker 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Adis Sedunia tahun 2020 tahun 2020 yang jatuh pada Selasa (1/12), Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Lampung Barat menggelar pembagian bunga mawar, masker, handsanitizer kepada pengendara dan juga pejalan kaki yang dipusatkan di tugu ara Kelurahan Pasar Liwa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Ira Permatasari, S.Farm.Apt., mendampingi Kepala Dinkes Lambar Paijo, SKM, M.Kes., mengatakan, peringatan HAS merupakan momentum untuk memulai gerakan masyarakat secara bersama-sama agar semakin peduli akan pencegahan Human Immunodeficiency Virus (HIV). 

”Sebagai bentuk kepedulian Dinas Kesehatan akan melaksanakan kegiatan berupa pembagian Bunga mawar yang merupakan simbol kepedulian terhadap kasus HIV/AIDS dan juga pembagian Masker, Hand Sanitizer sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada pengendara maupun pejalan kaki yang melintasi jalan,” ungkap Ira. 

Dijelaskan, dalam peringatan hari Aids sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya, juga merupakan momentum untuk melaksanakan kampanye komunikasi guna mencapai target pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS maupun penyakit infeksi menular seksual lainnya.  

”Mari kita wujudkan target three zeroes pada tahun 2030 yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat Aids, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS (ODHA), HIV dapat kita cegah, HIV dapat kita obati, saya berani saya sehat, jauhi penyakitnya, bukan orangnya,”  ujarnya. (nop/mlo)




Pos terkait