Peringati Hari Ibu, TP PKK Kabupaten Lambar Gelar Rapid Test Gratis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka peringatan hari ibu tahun 2020, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lambar menggelar Rapid Test gratis untuk kaum perempuan di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (16/12).

“Rapid Test ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil Mabsus.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, Rapid Test dilakukan sebagai sarana untuk mendeteksi dini sehingga apabila ada yang terindikasi terpapar Covid-19 dapat segera memperoleh penanganan secara cepat dan tepat. Ia berharap hasil Rapid Test dari seluruh peserta yang sudah terdaftar hasilnya non reaktif, namun apabila terdapat hasil tes yang reaktif, yang bersangkutan dapat melanjutkan untuk mengikuti PCR/Swab Test agar hasilnya lebih akurat.

“Saya berpesan agar kita senantiasa memanjatkan doa dan tidak lupa menyebarkan semangat positif dalam menghadapi Covid-19. Mari kita memanjatkan doa bagi keselamatan bangsa dan negara, mari kita sebarkan semangat positif dan semangat gotong royong bangsa kita dalam menghadapi pandemi ini,” ucapnya.

Partinia juga berharap kepada semua pihak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti gerakan 3M, yang merupakan suatu gerakan pencanangan penerapan protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat.

“Gerakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Kata Partinia, memakai masker merupakan upaya yang dirasa paling efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 namun harus selalu diingat bahwa masker yang digunakan adalah masker yang sesuai dengan standar kesehatan WHO.

Lalu mencuci tangan dapat menekan angka persebaran Covid-19 sebesar 35 %, mencuci tangan dengan air mengalir dan menggosok tangan dengan sabun selama 20-30 detik, serta menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, dimanapun berada. 

“Apabila kita menerapkan jaga jarak maka kita dapat menekan angka pencegahan Covid-19 hingga 85 persen,” tutupnya (lus/mlo)




Pos terkait