Peringati Harkannas, PAUD Islam Rumah Qur’an Gelar Cooking Class

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh pada Kamis (21/11), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Lampung Barat menggelar Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD, yang juga digelar serentak di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Yayasan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam Rumah Qur’an memanfaatkan moment tersebut sebagai salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan dengan menggelar cooking class dengan menu ikan bakar.

Kepala Kelompok Bermain (KB) PAUD Islam Rumah Qur’an Tri Wahyuningsih, S. Pd., mendampingi Kepala PAUD Islam Rumah Qur’an Anis, M.Pd., menuturkan, sebagai salah satu dukungan atas program pemerintah yakni Gerakan Makan Ikan, PAUD Islam Rumah Qur’an tiap harinya memiliki kegiatan berbagi lauk yang dilaksakan oleh seluruh orang tua dan wali murid secara bergiliran dengan mengutamakan berbagi lauk ikan serta sayuran tradisional.

Bacaan Lainnya



“Hari ini, kami memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk dapat mengolah ikan tersebut untuk dimakan bersama. Semua anak memiliki kesempatan mengikuti semua rangkaian proses memasak ikan yang telah disiapkan. Untuk perlengkapan dan bumbu telah disiapkan oleh ammah dan ummi, sementara masing-masing anak membawa ikan dari rumah,” katanya

Terusnya, semua anak bersama-sama melakukan proses memasak ikan mulai dari mencuci ikan, melumuri ikan dengan perasan jeruk nipis kemudian membumbui, menusuk ikan menggunakan bambu yang dibuat sedemikian rupa sebagai pegangan ketika membakar di atas bara api. Kemudian anak-anak membakar ikan dengan mengipas dan membalikkan ikan agar tidak hangus dan matang merata, menyiapkan daun pisang sebagai alas makan, menaruh dan menyusun nasi, ikan dan sayur di atas daun pisang yang sudah digelar dilanjutkan dengan berdoa sebelum makan, mendahulukan makan buah dan dilanjutkan makan bersama, selesai makan membaca doa setelah makan kemudian merapikan kembali peralatan makannya masing-masing.

“Dalam kegiatan cooking class tersebut selain telah memberikan anak-anak makan ikan yang memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah stunting juga manfaat lainnya seperti menjaga fungsi dan kesehatan otak, mendukung kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan mata. Dalam kegiatan itu juga dapat  anak-anak dapat mengembangkan enam aspek perkembangannya yaitu nilai moral dan agama, kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, seni anak  serta membangun sikap kemandirian untuk mendapatkan keterampilan sebagai bekal mengembangkan diri,” terang ammah Tri sapaan akrabnya

Lanjutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah, melatih anak untuk bersedekah, melatih kemandirian, kekompakan dan kepedulian terhadap orang lain.

“Harapan setelah kegiatan ini adalah agar anak suka makan ikan dan tidak hanya makan junk food dan dengan adanya program berbagi makanan yang setiap hari dilaksanakan di PAUD Islam Rumah Qur’an maka anak-anak dapat mengenal variasi dan jenis makanan, mendekatkan anak dengan orang tua ketika anak berusaha membantu orangtuanya memasak, anak-anak merasa senang dan bahagia ketika berbagi dengan temannya, menghindarkan anak dari makanan yang instan serta yang tidak kalah pentingnya anak-anak dibiasakan makan buah sebelum makan nasi.” terangnya

Sementara itu Kepala PAUD Islam Rumah Qur’an Anis, M.Pd., menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai salah satu dukungan terhadap program pemerintah daerah yakni Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting sekaligus menanamkan berbagai aspek perkembangan tumbuh kembang anak dengan menggelar cooking class tersebut.(jen/mlo)



Pos terkait