Peringati HGN, KKI Lambar Berkunjung ke SDN 2 Way Empulau Ulu 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN), Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat berkunjung ke SDN 2 Way Empulau Ulu Kecamatan Balikbukit (25/11),

Wakil Ketua KKI Kabupaten Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua KKI Kabupaten Lampung Barat Drs. Tono Suparman mengungkapkan, rombongan KKI  diterima oleh Ardiansyah, S.Pd berserta dewan guru SDN 2 Way Empulau Ulu. Hadir pula pengurus KKI Kabupaten Lampung Barat Candra Gunawan, S.Kom (Sekretaris) dan Drs. Muzamil, MM (Ketua Komisi III, Bidang Kemiskinan, Gizi, Lansia, dan Penduduk Rentan).

Bacaan Lainnya

Kata Sandarsyah, disamping dalam rangka mengucapkan dan mengapresiasi Hari Guru yang tahun ini bertemakan “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”, KKI Kabupaten Lampung Barat juga melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) atas telah ditetapkannya SDN 2 Way Empulau Ulu oleh KKI Kabupaten Lampung Barat sebagai salah satu dari empat sekolah percontohan di Kecamatan Balikbukit yang siswa-siswinya menyanyikan lagu wajib nasional setiap hari sebelum pelajaran sekolah dimulai.

“Tiga sekolah percontohan yang lain adalah, SDN 2 Sebarus, SDN 1 Sedampah Indah, dan SDN 2 Bahway,” imbuhnya.

Masih kata dia, ada sebanyak 41 judul pilihan lagu wajib nasional yang pihaknya sampaikan untuk dipraktikkan/dinyanyikan oleh siswa-siswi tersebut, diantaranya Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Padamu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku, Dari Sabang Sampai Merauke, Halo-Halo Bandung dan lainnya. 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat siswa-siswi untuk mencintai bangsa dan tanah air Indonesia yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” bebernya.

Disamping tujuan tersebut, lanjut Sandarsyah, siswa-siswi akan mendapatkan  manfaat lain. Dengan bernyanyi dalam kelompok dapat membangun ikatan dengan anggota kelompok yang ada didalamnya. Pengalaman bernyanyi bersama, mempunyai nilai positif dalam hal memberi sugesti perasaan dalam keberhasilan mencapai sesuatu.  Dengan bernyanyi berkelompok membuat orang akan terbiasa dalam situasi sosial, yang pada akhirnya dapat berakibat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bersosialisasi.

Secara individual, orang yang suka bernyanyi akan mendapatkan perasaan bahagia, mengurangi rasa cemas berlebihan serta bermanfaat dalam meningkatkan rasa ‘mood’ dan pengelolaan emosi menjadi lebih baik. 

“Dalam hal yang lain, Koalisi Kependudukan Indonesia Kabupaten Lampung Barat saat ini sedang mengkampanyekan semboyan ‘ASDAJEKA’ (Ayo Senyum Dan Angkat Jempol Kanan), yaitu kita hendaknya memberi apresiasi kepada siapa saja yang telah menghasilkan karya yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak,” pungkas Sandarsyah. (lus/mlo)

Pos terkait