Peringati International Coffee Days, Pemkab Lambar Gelar Ngopi Bersama Hingga Fun Brewing

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka memperingati International Coffee Days (ICD) tahun 2021, Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak), Jumat (1/10) melaksanakan kegiatan ngopi bersama yang diselenggarakan di Sekolah Kopi Lampung Barat dengan Tagline “Ngopi Bersama Meningkatkan Konsumsi Kopi Robusta dan Ekonomi Daerah”.

Acara tersebut dibuka Bupati Lampung Barat diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, S.E, M.P, serta dihadiri Scopi, PT. LDC Indonesia, Nestle, Puslitkoka, Unila, PT. Mayora, dan WCS, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, sejumlah kepala OPD, petani serta pengolah kopi handal Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Nata Djudin Amran mengungkapkan, gelaran rangkaian acara ICD 2021 ditandai dengan Tos Cangkir Kopi seluruh yang hadir. “Kopi tanpa gula disajikan dengan potongan gula. Aren (gula kletis) yang merupakan salah satu budaya ngopi masyarakat Lampung Barat,” ujar Sumarlin,” Jumat (1/10)

Kata dia, sembari minum kopi gula aren kletis, disampaikan testimoni petani yaitu Romuzi (Mekar Jaya 1), Suwarno (Tribudi Makmur), dan Abdul Rosyid (KTNA) yang mengungkap fakta pentingnya peremajaan, pemangkasan, poliklonal, dan intercropping kebun kopi. Serta pentingnya peran multi pihak dalam membangun ekonomi dan budaya kopi robusta masyarakat Lampung Barat.

“Usai tos kopi bersama untuk meningkatkan konsumsi kopi robusta dan ekonomi daerah, dilanjutkan dengan penanaman kopi robusta Klon Korolla 1 dan Korolla 2 yang merupakan klon unggul lokal Lampung Barat yang telah dilepas Kementerian Pertanian tahun 2019 lalu,” ujarnya

Lanjut dia, penanaman korolla ini mengisyaratkan bahwa pentingnya peremajaan kopi dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Lampung Barat yang 85% sangat terkait perkembangan komoditi kopi robusta. Selanjutnya juga dilaksanakan Fun Brewing oleh para Milenial Brewer yaitu Mang Encak, Moel Tamaco, Kasyanto Menara Kopi, serta Yusuf Kopi Sholawat.

Masih kata Sumarlin, seduhan kopi oleh para milenial brewer ini menggambarkan bahwa pentingnya peran dan fungsi Sekolah Kopi dalam mengembangkan kemampuan milenial kopi lampung barat yang kreatif, inovatif dan energik membangun pengelolaan kopi yang baik dari kebun hingga cangkir kopi.

“Semoga, International Coffee Days menjadi agenda tahunan di Sekolah Kopi Lampung Barat sebagai bagian mewujudkan Sekolah Kopi Lampung Barat, Trigger Coffee and Tourism. Indonesia Negeriku, Lampung Barat Kopiku,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait