Perjuangan Atasi Kesulitan Sinyal di Pemangku I Kubuperahu Berhasil

  • Whatsapp
Peratin Kubuperahu, Eri Susianto

Medialampung.co.id – Upaya yang terus dilakukan untuk mengatasi kesulitan jaringan seluler l di Pemangku I Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat oleh Peratin Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat Eri Susianto akhirnya berbuah keberhasilan. 

Melalui usulan yang secara intens disampaikan, akhirnya Pemkab melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menuntaskan persoalan blank spot melalui penguatan sinyal dengan memasang repeater di dua titik di wilayah tersebut. 

Bacaan Lainnya

Peratin Kubuperahu, Eri Susianto mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir pihaknya bertekad untuk mewujudkan keinginan masyarakat Pemangku I Kubuperahu agar mendapat akses jaringan seluler yang memadai guna mendukung kelancaran komunikasi di tengah kemajuan zaman di era digital saat ini.

“Apalagi di masa pandemi Covid-19 sebelumnya, seluruh warga yang memiliki anak usia sekolah sangat membutuhkan akses internet untuk belajar daring, sementara karena wilayah itu sulit menjangkau jaringan internet maka kami sediakan akses internet gratis di balai pekon sehingga mereka bisa belajar disana,” ujarnya.

Namun, menurutnya, penyediaan akses internet itu saja tidak cukup, sebelum masyarakat di wilayah itu dapat benar-benar merasakan kemerdekaan yakni kemudahan dalam mengakses jaringan seluler maupun internet.

“Sejak awal komitmen kami bagaimana mewujudkan keinginan masyarakat agar tidak lagi kesusahan akan Sinyal dan alhamdulilah berkat upaya komunikasi yang terus dilakukan maka di tahun 2022 mendatang pemkab lambar Melalui Diskominfo akan memasang repeater sehingga wilayah kita ini benar-benar terbebas dari blank spot,” imbuhnya.

Sementara, sebelumnya Sekretaris Diskominfo Lambar Indrayani mengungkapkan, pengadaan dua alat repeater untuk memperkuat Sinyal ponsel di Pemangku I Kubuperahu itu akan dianggarkan di APBD Lambar tahun anggaran 2022 mendatang. 

“Insya Allah masalah blank spot untuk wilayah Pemangku I Pekon Kubuperahu tahun depan bisa teratasi, kami sudah susun anggaran untuk pemasangan di dua titik, dan semoga memungkinkan dan disetujui oleh pihak DPRD,” ungkap Indrayani mendampingi Kepala Diskominfo Lambar Padang Prio Utomo.

Namun, kata Indrayani, pemasangan revieter atau penguat Sinyal tersebut tidak bisa mengcover seluruh wilayah di Pemangku I Pekon Kubuperahu tersebut, karenanya pemasangan akan dilakukan pada titik strategis.

“Penguat Sinyal yang akan dipasang itu hanya memiliki radius sekitar 25-50 meter, sehingga tentunya tidak bisa mengcover seluruh wilayah, karena itu kami menganggarkan untuk dua titik, dan semoga ini akan membantu masyarakat setempat yang selama ini kesulitan mendapatkan Sinyal ponsel, ” kata dia. 

Lebih lanjut dikatakan Indrayani, pengentasan infrastruktur jaringan telekomunikasi menjadi salah satu prioritas Pemkab Lambar sejak beberapa tahun terakhir.Target nasional, pada 2023 mendatang semua daerah sudah terpasang infrastruktur jaringan internet. Dengan begitu tidak ada lagi daerah blankspot. (edi)

Pos terkait