Perkara Pencurian Masih Mendominasi di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perkara yang ditangani oleh Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Lampung Barat di Krui, hingga kini masih didominasi oleh perkara pencurian. Perkara kasus pencurian yang masih mendominasi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) itu terjadi salah satunya akibat dampak dari  pandemi Covid-19.

Kepala Cabjari Lampung Barat di Krui, M. Indra Kusuma, S.H, M.H., mengatakan seluruh perkara di Cabjari Lampung Barat di Krui merupakan limpahan berbagai kasus dari empat Polsek di Kabupaten Pesbar yakni dari Polsek Pesisir Utara, Pesisir Tengah, Pesisir Selatan dan Polsek Bengkunat. Terhitung sejak Januari sampai Oktober 2020 limpahan perkara dari keempat polsek itu mencapai 47 perkara.

Bacaan Lainnya



”Dari 47 perkara yang ditangani di Cabjari Lampung Barat di Krui ini, ada 40 perkara sudah dinyatakan putus,” katanya kemarin.

Sementara, sisanya terdapat tujuh perkara hingga kini masih dalam proses persidangan. Secara keseluruhan perkara yang ditangani itu rata-rata didominasi perkara kasus tindak pidana pencurian dengan jumlah 22 perkara, sisanya merupakan perkara gabungan seperti penganiayaan, pencabulan dan sebagainya.  

”Saat ini masih di Oktober, artinya ada sisa waktu sekitar dua bulan kedepan, bisa saja perkara yang masuk bertambah,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya berharap dalam proses penanganan perkara yang masuk di Cabjari tidak ada kendala, terlebih saat ini kondisinya masih masa pandemi Covid-19. 

Sementara, kegiatan persidangan hingga kini masih terus dilakukan secara virtual atau online, sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

”Yang jelas penanganan perkara di Cabjari Krui ini setiap tahunnya rata-rata merupakan tindak pidana biasa, atau tindak pidana umum. Banyaknya perkara seperti kasus pencurian diharapkan kedepan bisa diminimalisir lagi, sehingga kondusifitas di Pesbar benar-benar terjaga dengan baik,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait