Perkuat Pelibatan Keluarga Dalam Pendidikan Anak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelenggaran pendidikan keluarga, yang dipusatkan di Aula SMKN 1 Liwa selama empat hari sejak Rabu (4/9) sampai dengan Sabtu (7/9).

Kasi Penilaian Kurikulum PAUD dan PNF Adi Susanto, ST., mengatakan, tujuan dilaksanakan Bimtek tersebut yakni memperkuat pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan melalui kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat (tri pusat pendidikan). Kemudian untuk meningkatkan peran keluarga dalam mendukung terwujudnya lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi perkembangan anak.

Bacaan Lainnya



“Untuk pesertanya sejumlah 50 Peserta yang terdiri dari Pengawas sekolah Dasar (SD) dan Pengawas sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 22 orang, Kepala Sekolah SD sebanyak 11 orang, Kepala sekolah SMP sebanyak tujuh orang, IGTK sebanyak satu orang, HIMPAUDI sebanyak satu orang,  Pengelola PAUD sebanyak dua orang. Pengelola PKBM sebanyak dua orang, Dinas pendidikan sebanyak empat orang,” ungkapnya.

Kemudian, untuk narasumber dalam Bimtek tersebut terdiri dari Fasilitator Teknik Dirjen Pembinaan Pendidikan Keluarga,  Kemendikbud, kemudian fasilitator lokal yang telah memperoleh pendidikan dari  Kementrian.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Lambar Ahmad , S.Pd., dalam sambutannya mengatakan, keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak mulai mendapatkan pendidikan dan bimbingan, tugas utama dari keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan hidup keagamaan.

“Karena sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari Kedua orangtuanya pendidikan keluarga adalah salah satu bentuk pendidikan di luar sekolah yang besar pengaruhnya Terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Dan Pendidikan keluarga yang maksimal memiliki kecenderungan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pula terhadap hasil belajar siswa,” ujarnya.

Pendidikan lingkungan keluarga, lanjut dia,  merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama tempat anak didik (siswa) menerima pendidikan dan bimbingan dari orang tuanya atau anggota keluarganya yang lain.

“Di dalam keluarga inilah tempat meletakkan dasar-dasar kepribadian anak didik, keyakinan Agama, nilai budaya, nilai moral dan keterampilan, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan siswa dalam belajar,” kata dia.

Melalui Bimtek tersebut, diharapkan pendidik dapat memelihara, mendidik dan melindungi anak sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Program pendidikan keluarga berperan dalam memberdayakan satuan pendidikan untuk melakukan kemitraan dengan orang tua dan masyarakat penggiat pendidikan, meningkatkan kesadaran orang tua agar peduli dan terlibat dalam memajukan pendidikan anak-anak mereka.

“Dengan demikian tercapai keharmonisan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, program pendidikan keluarga juga diarahkan pada penumbuhan karakter yaitu kegiatan pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah sistem keluarga yang kuat dan stabil akan memberikan pengaruh positif pada kecakapan hidup anak dan keterhubungan antar elemen sistem lain,” terangnya.

“Dengan diadakan kegiatan tersebut juga untuk mendorong satuan pendidikan dalam mngimplementasikan pelibatan keluarga dalam penyelenggara pendidikan. Dengan harapan melalui Bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas peserta dan satuan pendidikan tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mendukung perkembangan anak. Dan diharapkan juga mampu mewujudkan ekosistem keluarga yang mendukung penumbuhan karakter positif dan budaya prestasi yang baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait