Pernah Kontak Dengan Pasien Positif, Jumlah OTG Pesbar Capai 71 Orang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat jumlah orang tanpa gejala mengalami peningkatan, hal itu setelah dilakukan tracking di dua kecamatan yakni kecamatan Ngambur dan Kecamatan Pesisir Selatan pada Rabu (27/5). 

Hasil tracking pasien positif Covid-19 di dua kecamatan itu, terdapat penambahan OTG sebanyak 31 orang, dimana 27 orang ditetapkan sebagai OTG di Kecamatan Ngambur dan empat orang di Kecamatan Pesisir Selatan, sedangkan sebelumnya 37 orang di Kecamatan Waykrui, satu orang di Kecamatan Krui Selatan dan dua orang di Kecamatan Pesisir Selatan sehingga jumlah orang yang ditetapkan sebagai OTG mencapai 71 orang. 

Bacaan Lainnya



Kadis Kesehatan Pesbar Tedi Zadmiko, mengatakan penetapan status OTG untuk 71 orang tersebut karena mereka pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19, yang juga sudah dilakukan rapid test terhadap jumlah keseluruhan tersebut.

“Keseluruhannya sudah diminta untuk melakukan isolasi, kita harap mereka tetap patuh dalam melakukan isolasi karena akan terus kita pantau,” kata dia. 

Menurutnya, semua warga yang berstatus OTG itu dalam kondisi sehat, tidak ada tanda-tanda terjangkit covid-19, begitu juga dengan tiga pasien positif itu, hal itu dikarenakan imun tubuh mereka kuat untuk melawan keberadaan virus itu.

“Ketiga pasien positif itu telah kita swab test lagi, dan akan dikirim ke Palembang untuk diperiksa lebih lanjut, kita harap hasilnya segera keluar dan dinyatakan negatif,” terangnya.

Selain itu, Tedi mengimbau masyarakat yang ditetapkan sebagai OTG untuk patuh melaksanakan isolasi. Dan masyarakat Pesbar diharapkan untuk bisa mematuhi himbauan pemerintah, tidak keluar rumah jika tidak mendesak, jaga jarak, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan gunakan masker.

“Masyarakat kami minta jangan panik dan mari kita bersama-sama melawan Covid-19 dengan kompak, serta mematuhi imbauan yang disampaikan pemerintah demi kebaikan bersama,” ujarnya. (ygi/mlo)



Pos terkait