Perpustakaan Pekon Tugumulya Jadi Solusi Belajar dan Bermain Semasa Libur Sekolah 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah sebelumnya dijadikan Posko sementara penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Aset Pekon Tugumulya, Kecamatan Kebuntebu kembali dimanfaatkan ke fungsi awal yakni perpustakaan pekon. 

Telah berjalan tiga hari ini, keberadaan gedung perpustakaan pekon setempat mulai dikunjungi anak-anak lagi, untuk memanfaatkan waktu libur sekolah dengan bermain dan belajar. 

Bacaan Lainnya

Pengurus Perpustakaan Pekon Sinta Adelia, mengatakan, membaca buku adalah hal yang sangat baik dalam upaya menambah wawasan, karena membaca buku merupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan. 

Maka untuk menghilangkan kejenuhan anak-anak terutama dalam membaca petugas perpustakaan memberlakukan lomba kecil dan pemberian hadiah. “Kalau setiap hari mereka terus menerus membaca pastinya bosan. Jadi kita memberikan sedikit lomba seperti membaca Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lain-lain dan yang nilainya tertinggi diberikan hadiah seperti buku tulis,” jelasnya.  

Dalam perlombaan itu pihak perpustakaan mengadakan lomba membaca Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Dengan adanya permainan ini tujuannya agar anak-anak tidak jenuh untuk datang kembali membaca di perpustakaan,” ungkapnya. 

Pada kesempatan itu Sinta Adelia, berharap untuk bisa menjadikan anak – anak di Pekon Tugumulya berwawasan yang luas, menjadi anak yang  rajin serta gemar membaca. 

Selain itu juga bisa menjadi tunas bangsa yang aktif dari setiap bidangnya. Yaitu dengan diadakannya membaca di perpustakaan bisa mengurangi ‘mereka’ bermain gadget serta mengurangi jam main diluar.

“Di perpustakaan juga sudah disiapkan berbagai macam fasilitas. Sperti layar monitor untuk mereka menonton film edukasi anak, dengan tempat yang nyaman pastinya untuk mereka,” ujarnya. 

Peratin Tugumuya Susilo Haryanto mengapresiasi semangat petugas perpustakaan pekon dalam memanfaatkan fasilitas yang memang diadakan untuk memberikan penambahan pengetahuan untuk para tunas bangsa pekon itu dan warga pada umumnya.

“Alhamdulilah fasilitas perpustakaan Pekon Tugumulya betul-betul dimanfaatkan sebagaimana harapan bersama. Dan dengan begini perwujudan Kabupaten Literasi untuk Lampung Barat dibawah kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus bukan isapan jempol semata,” papanya.

Susilo juga mengharapkan agar dalam semua aktivitas untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai cara mencegah penyebaran virus corona yang sampai sekarang belum hilang. “Semoga di masa libur sekolah anak-anak tidak merasa bosan dengan adanya perpustakaan pekon guna terus belajar,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait