Perpustakaan PM Juara 1 Nasional, Lengkapi Prestasi Hattrick Lambar di Kancah Nasional 

  • Whatsapp
Kabid Pelayanan Pustaka dan Pemberdayaan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Salman, S.H., M.M.

Medialampung.co.id – Kurun September ini, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) meraih prestasi Hattrick, dimana setelah Bupati Parosil Mabsus menerima penghargaan Nugraha Jasa Darma Pustaloka, Kategori Pejabat Publik, serta Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Liwa Yusmalasari, S.Si, Kategori Masyarakat. 

Saat ini menjadi giliran Perpustakaan Puska Mandiri (PM) Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, berhasil catatkan sejarah yang membanggakan juara pertama Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan tingkat Nasional 2021, Kementerian Perpustakaan Nasional.

Bacaan Lainnya

Diinformasikan Kabid Pelayanan Pustaka dan Pemberdayaan Gemar Membaca, Salman, S.H., mendampingi Kadis Perpustaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan, S.Ip.

“Alhamdulillah saya selaku ketua panitia pelaksana lomba merasa terharu dan bersyukur kepada Allah, SWT,setelah tiga bulan persiapan yang serba terbatas, namun dengan bahu membahu dengan penuh semangat antar pemda, tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lambar dan Penggiat literasi, Peratin Puramekar, dan seluruh warga juga Camat beserta uspika Gedungsurian sehingga kerja keras kita bisa diapresiasi perpusnas RI dengan juara Pertama nasional,” terang Salman. 

Tentunya prestasi yang diraih ini adalah persembahan kado terindah untuk HUT Kabupaten Lampung Barat 2021, 

Terpisah disampaikan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan mengapresiasi Perpustakaan PM, menurutnya, lomba ini merupakan bagian dari komitmen yang didorong Bupati Lampung Barat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam gerakan literasi nasional.

Menurut Yudha keberadaan Perpustakaan PM adalah ujung tombak gerakan literasi di Lambar, karenanya dia mengapresiasi desa yang sudah mengalokasikan anggarannya untuk membangun, mengembangkan, dan mengurus dengan baik Perpustakaan PM. 

Yudha juga menambahkan ke depan, penguatan literasi melalui perpustakaan pekon semakin dibutuhkan eksistensinya.

“Setahun atau dua tahun yang akan datang, perubahan sistem pendidikan nasional kita juga mengarahkan gerakan literasi dan numerasi menjadi prioritas program sistem pendidikan kita,” terangnya.

Karena itu penguatan gerakan literasi melalui perpustakaan di pekon menjadi kebutuhan yang semakin relevan di masa akan datang. 

Masih kata Yudha lomba Perpustakaan Pekon/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021. Perpustakaan terpilih dari seleksi yang dilakukan di 34 provinsi se Indonesia. Dan Perpustakaan PM Pekon Puramekar bisa bersaing dan meraih peringkat Satu Nasional.

“Kemenangan ini kemenangan kita semua dan terima kasih seluruh karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, selanjutnya Kepada bapak Bupati Lambar, Bunda Literasi Provinsi, Ketua GLD Lambar bersama Tim, Bunda Yusmalasari, terima kasih untuk semuanya yang terlibat andil dalam pembinaan sehingga jadi juara,” tandasnya. 

Untuk diketahui juga bahwa khusus untuk Kabupaten Lambar, Provinsi Lampung hadiah Piala, sertifikat, dan uang pembinaannya akan diantar langsung ke Lambar pada tanggal 24 september 2021 bersamaan HUT Lampung Barat. Dan akan diantar langsung oleh ketua tim juri sekaligus sebagai Pustakawan Madya Perpusnas RI Drs. Dedi Junaedi, M.Si (r1n/mlo)


Pos terkait