Persiapan Lomba Tingkat Nasional, Dinas Perpustakaan Beri Pembinaan Untuk PM Puramekar 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mulai memberikan pembinaan Perpustakaan Puska Mandiri (PM) Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat, dalam persiapan penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasional 2021.

Seperti diketahui beberapa hari ini telah turun surat  pengumuman pemenang Lomba nomor  Nomor 041.1/848/V.18.IV/APBN/2021 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Lampung. Yang dimenangkan oleh Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Puramekar. Dan atas prestasi itu maka Perpustakaan Puska Mandiri menjadi perwakilan Provinsi Lampung. 

Bacaan Lainnya

Kabid Layanan Pustaka dan Pemberdayaan Gemar Membaca Salman, S.H, M.M., mendampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan, S.Ip., yang memimpin pembinaan mengatakan, seperti penyiapan pengiriman berkas audio dan video ke Perpustakaan Nasional (Pusnas) yang dideadline hingga awal Agustus. 

“Setelah itu ada tenggat waktu penilaian berkas. Dan diambil Enam besar nasional. Kemudian enam besar tersebut baru divisitasi untuk menentukan juara pertama, kedua dan ketiga. Dan harapan jika tidak ada perubahan September penilaian akhir,” tegasnya. 

Disebutkan Salman kegiatan persiapan yang membutuhkan penanganan segera di Perpustakaan Puska Mandiri tersebut, pembangunan fasilitas pendukung ruang baca  terbuka  (outdoor) dalam bentuk, pembuatan panggung literasi, pembuatan tempat duduk pemustaka, pembuatan gazebo, pemasangan paving blok, pembuatan taman bermain anak, dan pembuatan taman bunga. 

“Untuk penambahan gedung dan pagar telah diakomodir dari Dana Desa. Begitupun perlengkapan lain telah mendapat bantuan dari donatur yang tidak mengikat. Diantaranya dari Pemilik Rumah Sakit Ibu dan Anak (Rsia) Liwa. Ny Yusmalasari,” terang Salman.

Sebelumnya  Perpustakaan Pekon Puramekar  meraih juara pertama dalam ajang Lomba Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021. Berdasarkan pengumuman pemenang Lomba nomor  No.041.1/848/V.18.IV/APBN/2021 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Lampung. Selasa, 13 Juli 2021. (rin/mlo)


Pos terkait