Persiapan Rencana Kunjungan Presiden, Gubernur Lampung Turunkan Tim ke Lambar

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar Yudha Setiawan, S.I.P

Medialampung.co.id – Hari Ini, Jumat (21/1) Gubernur Lampung kembali menurunkan tim dalam rangka persiapan rencana kunjungan Presiden RI pada Panen Raya Kopi Tahun 2022 di Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Tim yang dipimpin Asisten II berjumlah 16 orang yaitu Dekan Fakultas Pertanian Unila, Kepala Dinas Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. 

Bacaan Lainnya


Tim diterima langsung Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Wasisno Sembiring serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Ruang Kerja Asisten II Setdakab Lambar sebelum melaksanakan peninjauan lokasi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan, S.I.P mengungkapkan, lokasi yang ditinjau yaitu, kebun kopi milik bapak Zulkipli yang merupakan kebun kopi dengan produktivitas stabil diatas 3-4 ton per hektar per tahun yang berada di Pemangku Cenggiring Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak. 

“Di lokasi ini juga dilakukan peninjauan hamparan kebun hortikultura di sekitarnya,” ujar Yudha, Jumat (21/1)

Kemudian kunjungan dilakukan di Kebun Kopi Bapak Saparudin, Pekon Kembahang. Selanjutnya Tim mengunjungi kemungkinan titik lokasi pendaratan helikopter yaitu GOR di Sekuting Terpadu yang ditempuh 8 menit dari kebun kopi bapak Zulkifli serta kondisi kebun hortikultura di sekitar Stadion.

“Kedua kebun kopi yang dikunjungi merupakan kebun yang dikelola dengan menggunakan tanaman dengan pola Diversifikasi yaitu lada, pisang, dan alpukat,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan diskusi kebutuhan pengembangan kopi, lada dan ternak yang dapat disupport melalui pembiayaan APBD Provinsi Lampung maupun sumber lainnya seperti pemanfaatan Kartu Petani Berjaya, KUR serta dana CSR di Provinsi Lampung. 

“Harapannya kunjungan ini semakin menguatkan fokus lokasi yang akan menjadi kunjungan Presiden RI yang Insyaallah akan dilaksanakan di bulan Juni tahun 2022,” katanya

Lanjut Yudha, rencana kunjungan presiden tersebut, merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Bupati Lampung Barat dalam rangka meningkatkan hasil produksi kopi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat. (lus/mlo)


Pos terkait