Pertamina Beri Kesempatan Masyarakat Buka Pangkalan Gas 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – PT. Pertamina masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang hendak buka pangkalan gas. Saat ini jumlah pangkalan gas di Tanggamus sebanyak 360 pangkalan.

Menurut Kasubbag Sumber Daya Alam, Irhamsyah Mundo mewakili Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Tanggamus Firmalinda, kuota pembukaan pangkalan baru masih terus berjalan. Sebab sejak tahun lalu Pertamina sudah menjalankan program satu pekon satu pangkalan. 

Bacaan Lainnya


“Sampai sekarang ada 360 pangkalan, secara umum sudah merata tapi belum keseluruhan pekon ada pangkalan. Dan kuota pembukaan pangkalan baru masih terbuka,” kata Irhamsyah, Selasa (6/4).

Ia menjelaskan, di Tanggamus memang ada 299 pekon dan pangkalan kini 360. Secara jumlah memang lebih banyak tapi itu gabungan antara pangkalan lama dan baru. Jadi sekarang ini ada satu pekon dua pangkalan karena satunya pangkalan lama.

Kemudian untuk pengajuan pembukaan pengkalan baru, masyarakat langsung kiriman surat pengajuan ke PT. Pertamina selaku pihak yang berwenang dan mencanangkan program satu pekon satu pangkalan.

“Selanjutnya dari PT. Pertamina akan menunjuk agen yang menaungi bakal pangkalan baru. Hal ini terkait jalur distribusinya nanti, stok di agen tersebut dan kesepakatan antara agen dengan bakal pangkalan baru,” terang Irhamsyah.

Ia menjelaskan untuk deposit dari pangkalan ke agen antara Rp 30 sampai Rp40 juta. Dengan uang tersebut pangkalan mendapat antara 200 sampai 300 tabung.

“Untuk jenis tabung yang diberikan semua ukuran, dari 3 kg, 5 kg dan 12 kg. Tiap ukuran nanti ada target penjualan,” pungkas Irhamsyah.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait