Pesawaran Alokasikan Rp 19 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Diskresi anggaran yang dilokasikan Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk pencegahan penyebaran Covid-19 mencapai Rp 19 Miliar.

Sekretaris Daerah Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan diskresi anggaran untuk pencegahan penyebaran Covid-19 bersumber dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK); Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan sumber lainnya.

Bacaan Lainnya



“Khusus bidang kesehatan sebesar Rp 8,2 miliar, untuk alat alat kesehatan seperti Alat Pelindung Diri, masker dan lainnya sebesar Rp 5,2 miliar. Kemudian 3,6 miliar untuk bidang ekonomi dan lainnya untuk kebutuhan penanganan Covid-19,” ungkap Kesuma Dewangsa, Sabtu (4/4).

Dikatakan, selain pembelian alat alat kesehatan berkaitan penanganan Covid-19, juga untuk kegiatan sosialisasi, penyemprotan desinfektan dan kebutuhan lainnya. 

“Diskresi anggaran bisa dilaksanakan dua sampai tiga kali, sesuai kebutuhan daerah,” ucapnya.

Menurut Kesuma, sebelum pandemi corona, sebanyak 86 desa sudah menganggarkan untuk penanggulangan bencana. Dimana dana desa yang dialokasikan untuk bencana itu dapat dialihkan untuk penanganan Covid-19 di masing masing desa.

“Bervariasi di setiap desa, dan desa dapat menggunakan dana desa untuk penanganan Covid-19. Dari 86 desa yang telah mengalokasikan anggaran tersebut total mencapai Rp 496 juta. Untuk dana pergeseran pemda segera kita sampaikan untuk diketahui dan disetujui DPRD. Sedangkan yang penghematan misal perjalanan dinas, pemangkasan akan dibahas dengan legislatif,” pungkasnya. (ozi/mlo)



Pos terkait