Pesbar Gelar Musrenbang Kabupaten Secara Virtual Meeting

  • Whatsapp
Pemkab Pesisir Barat menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2021, secara virtual meeting melalui video conference yang dipusatkan di ruang Batu Gukhi Setdakab setempat, Selasa (14/4) - Foto Yayan/mlo

Medialampung.co.id – Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesbar tahun 2021, secara virtual meeting melalui video conference yang dipusatkan di ruang Batu Gukhi Setdakab setempat, Selasa (14/4).

Dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal, S.H, M.H, didampingi Wakil Bupati Erlina, S.P, M.H., Staf Ahli Bupati, Audi Marpi, M.M., serta Dandim 0422/Lampung Barat, Letkol Czi Benni Setiawan, S.T., yang terkoneksi secara online dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya bupati Agus Istiqlal, mengatakan musrenbang tingkat Kabupaten Pesbar, meski dilakukan melalui video conference diharapkan tidak mengurangi substansinya, mengingat saat ini masih terjadi wabah virus corona (Covid-19). Selain itu juga diharapkan bisa menyatukan persepsi dan semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Kabupaten Pesbar tahun 2021 mendatang.

Dijelaskannya, hingga tahun keempat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pesbar tahun 2016-2021 telah banyak yang Pemkab capai, mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur pelayanan dasar hingga pemberdayaan masyarakat.

“Semua keberhasilan pembangunan merupakan kerja nyata dari seluruh aparatur pemerintahan daerah, baik eksekutif maupun legislatif yang merupakan referensi masyarakat maupun dukungan semua pihak terkait,” katanya.

Dikatakannya, disamping capaian keberhasilan, tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan. Baik dari sisi kebijakan, program maupun kegiatan. Sesuai dengan visi Kabupaten Pesbar yakni terwujudnya masyarakat Pesbar yang madani, mandiri dan sejahtera. Untuk itu, RKPD Kabupaten tahun 2021 yang merupakan tahun kelima pelaksanaan RPJMD Pesbar atau tahun terakhir RPJMD 2016-2021 diharapkan semua target yang telah ditetapkan dapat diselesaikan.

“Saya ingin memastikan bahwa setiap perencanaan dan penganggaran yang diambil oleh para kepala perangkat daerah, TAPD dan badan anggaran DPRD Pesbar bisa memberikan kontribusi dan kinerja maksimal terhadap lima prioritas pembangunan daerah,” jelasnya.

Ditambahkannya, lima prioritas itu antara lain percepatan pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi unggulan daerah, reformasi birokrasi dan pelayanan publik serta pengelolaan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan berkelanjutan dan mitigasi bencana.

“Kelima prioritas pembangunan tahun 2021 mendatang itu akan diarahkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait